Tips Membuat Aquarium Air Laut Bagi Pemula

Tips Membuat Aquarium Air Laut Bagi Pemula – Bagi para pecinta ikan terutama yang menyukai akan keindahan laut, memelihara ikan saja tidaklah cukup. Kita harus membuat aquarium semenarik dan seindah mungkin dengan konsep seperti aquascape.

Aquarium air laut itu memiliki kesan keindahan sendiri karena kita dapat menikmati pemandangan dalam laut langsung di depan mata kita. Selain itu juga memberikan rasa nyaman bagi biota laut seperti ikan dan koral karena mirip dengan habitat aslinya.

Namun dalam pembuatan aquarium air laut jauh lebih mahal dan lebih rumit dibadingkan dengan aquarium air tawar. Namun jangan khawatir, inilah tips dalam membuat aquarium air laut untuk para pemula.

Berikut ini Tips Membuat Aquarium Air Laut Bagi Pemula :

Peralatan yang dibutuhkan :

  • Menyiapkan aquarium air laut.

Pastinya dalam membuat aquarium membutuhkan tempatnya, lalu siapkan aquarium yang akan digunakan. Untuk ukuran aquarium sendiri disesuaikan dengan kebutuhan yang anda inginkan, namun sabaiknya untuk ukuran aquarium dibuat sebesar kurang lebih 1 meter agar mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila Berkembang Dengan Baik

  • Aksesoris aquarium air laut

Siapkan aksesoris wajib untuk pembuatan aquarium air laut yaitu pompa air untuk sirkulasi air, skimmer untuk memecah kotoran, filter untuk menyaring kotoran. Selain itu lampu, calcium reactor untuk menambahkan kandungan kalsium pada aquarium, coil denitrator agar menetralisir nitrat dari kotoran ikan dan chiller agar menurunkan suhu air laut.

  • Hiasan aquarium air laut

Jika semua aksesoris aquarium sudah terkumpul, siapkan hiasan aquarium seperti pasir air laut, batu karang, dan air laut. Untuk tanaman dan ikan sebaiknya dibeli setelah pembuatan aquarium selesai atau sudah siap.

Cara Pembuatan aquarium air laut

Tahap dalam pembuatan aquarium air laut itu sangat banyak memakan waktu, proses yang lama dan membutuhkan kesabaran tinggi. Oleh sebab itu dalam pembuatan aquarium ini membutuhkan keuletan konsisten agar aquarium air laut dapat berhasil.

  • Minggu Pertama

Dalam minggu pertama yaitu memasukkan pasir laut kasar terlebih dahulu ke dalam aquarium setinggi 1-3 cm lalu dilapisi pasir laut halus sekitar 2-3 cm. Lalu masukkan batu karang ke dalam aquarium susun sesuai keinginan anda, namun ingat sebelum memasukan karang kedalam aquarium. Cuci dahulu karang tersebut menggunakan air laut. Setelah tersusun sesuai dengan keinginan anda masukkan air laut secara perlahan ke dalam aquarium.

  • Minggu Keempat

Jika sudah minggu keempat anda baru bisa memasukkan makhluk hidup ke dalam aquarium air laut seperti alga, siput, dan tanaman lainnya. Perlu diperhatikan dalam menyalakan lampu maksimal 12 jam sehari agar tidak mengganggu tumbuhnya tanaman.

Baca Juga : Cara Menjaga Kualitas Air Dalam Budidaya Ikan
  • Minggu Keenam dan Kedelapan

Setelah tumbuhan berkembang, barulah bisa memasukkan coral ke dalam aquarium disusun diatas batu karang sesuai dengan keinginan. Akan tetapi sebelum memasukan koral itu, ganti terlebih dahulu 25% air laut dengan air laut baru dan biarkan hingga 2 minggu.

  • Minggu Kesepuluh dan Kedua belas

Gantilah 25% air laut di dalam aquarium, nah diminggu inilah baru bisa meletakkan ikan sesuai keinginan atau selera kita. Jika ingin memasukkan ikan baru, tunggu selama 2 minggu lalu ganti 25% air laut dengan air laut baru disertai memasukkan ikan baru.

  • Perawatan

Hal yang paling penting perawatan yaitu dengan melakukan pengecekan parameter air laut seperti kadar kalsium dan kadar pH air secara berkala agar ekosistem tetap sehat. Anda dapat melakukan pengukuran dengan menggunakan alat ukur pH meter ini dapat memberikan hasi pengukuran yang akurat dan cepat.

Lakukan penggantian air aquarium sebanyak 25% setiap seminggu sekali dan setiap sebulan sekali untuk melakukan pembersihan filter. Untuk menjaga coral, berikan iodium, kalsium, strontium dan buffer.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *