Jenis-jenis Tomat Paling Laku Dipasaran

Jenis-jenis Tomat Paling Laku Dipasaran – Tomat merupakan salah satu jenis sayuran dan juga masuk dalam jenis buah-buahan yang banyak digunakan untuk campuran masakan dll. Selain digunakan untuk berbagai jenis masakan, tomat juga sering dijadikan untuk bahan pembuatan jus segar.

Ternyata gak semua tomat itu bisa diolah menjadi berbagai makanan, ada jenis tomat yang hanya bisa dibuat menjadi salad dan ada juga tomat yang hanya bisa diolah menjadi saus. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis tomat, hal ini perlu anda pahami agar tidak salah mengolahnya ya.

Berikut ini Jenis-jenis Tomat Paling Laku Dipasaran :

  • Tomat Ceri

Jenis tomat ini memiliki bentuk seperti buah cherry. Biasanya jenis tomat ceri ini lebih banyak digunakan untuk campuran membuat masakan tumis. Selain itu tomat ini mengandung vitamin dan air mineral yang cukup tinggi sehingga bisa langsung dimakan atau bisa dibuat salad.

  • Tomat Plum

Untuk jenis tomat ini memiliki bentuk hampir sama dengan jenis tomat cherry, akan tetapi bentuk dari tomat plum ini cenderung lebih lonjong. Nah untuk soal rasanya sendiri lebih asam dari jenis tomat ceri. Tomat plum ini memiliki kulit buah yang lebih tebal, dikarenakan rasanya yang lebih asam segar membuat jenis tomat ini lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan sambal.

Baca Juga : Tahapan Budidaya Tanaman Tomat

  • Tomat Hijau

Jenis tomat ini memang sesuai dengan namanya yaitu memiliki warna cenderung hijau. Tomat hijau dipanen pada saat masih belum matang. Hal itu juga berdampak pada rasa asam yang jauh lebih tinggi dan kandungan air pada tomat ini cenderung lebih sedikit dibanding jenis tomat lainnya. Jenis tomat ini sering digunakan di warung makan padang, khususnya dalam pembuatan sambal lado ijo atau untuk tumis cumi asin dll. Bahkan, tomat yang berukuran sedang ini dapat membantu mencegah kanker, diabetes, hingga menjaga kesehatan mata, lho.

  • Tomat bistik

Yang perlu diperhatikan untuk jenis tomat bistik ini yaitu mempunyai ukuran cukup besar dan cenderung berair tidak seperti tomat biasannya. Tomat bistik mempunyai cita rasa manis sehingga banyak diolah untuk campuran burger, sandwhich, hingga saus. Selain itu tomat ini mengandung vitamin C, serat, dan kalori yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

  • Kumato

Kumato merupakan jenis tomat paling unik dikarenakan mempunyai warnanya cokelat kemerahan dan mengandung gula cukup tinggi. Tomat kumanto ini memiliki kulit yang lebih tebal dibanding tomat lainnya dan tomat ini lebih banyak dimakan secara langsung.

  • Anggur

Ciri utama yang membedakan dari jenis tomat anggur dengan tomat yang lainnya yaitu ukurannya yang hampir menyerupai anggur atau kecil. Tomat anggur ini pun memberikan rasa tidak seperti tomat yang lainnya yaitu asam, melainkan melainkan rasanya manis.

Baca Juga :

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *