Syarat Budidaya Buah Naga Berkualitas

Syarat Budidaya Buah Naga Berkualitas – Buah naga merupakan sebuah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan akan tetapi buah naga ini kini juga dapat dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan indonesia.

Selain buah naga memiliki rasa yang manis ternyata juga mempunyai banyak manfaat atau khasiat bila mengonsumsinya. Berbagai khasiat seperti mencerahkan dan melembabkan kulit, membersihkan racun tubuh dengan mengkonsumsi buah naga.

Hal ini mangakibatkan permintaan pasar semakin tinggi, kini banyak para petani yang mulai membudidayakan buah naga. Bagi anda yang akan melakukan budidaya buah naga, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti :

Berikut Ini Syarat Budidaya Buah Naga Berkualitas :

Pada umumnya, buah naga itu dibudidayakan dengan cara penyetekan atau penyemaian biji buah naga. Tanaman dapat bertumbuh subur jika media tanam porous (tidak becek), kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40 °C. Jika dalam perawatan baik maka tanaman dapat mulai pembuahan pada umur 11-17 bulan. Tanah yang digunakan untuk budidaya sendiri harus memiliki nilai pH antara 5 – 7 pH, agar dapat memastikan pH tanah tersebut anda dapat menggunakan pH meter khusus untuk tanah.

Buah naga sangat adaptif dibudidaya di berbagai daerah dengan ketinggian di 0–1200 m dpl. Hal yang sangat penting dalam budidaya buah naga ini yaitu mendapatkan sinar matahari yang cukup merupakan syarat pertumbuhan buah naga merah.

Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun yang terpenting tanah itu harus mengandung pupuk yang bagus karena tanaman ini cukup rakus akan unsur hara. Dalam waktu 1 tahun, pohon buah naga dapat mencapai ketinggian 3 meter lebih.

  • Persiapan Lahan

Pohon buah naga merupakan jenis tanaman yang tidak memiliki batang primer yang kuat, sehingga perlu memerlukan penopang berupa tiang. Tiang ini bisa anda buat dengan beton ataupun kayu yang memiliki ukuran 10 cm x 10 cm dengan ketinggian 2,5 meter atau lebih. Berikan besi berbentuk lingkaran pada ujung bagian atas dari tiang untuk menopang cabang tanaman nantinya. Buatlah tiang dengan jarak 2 m x 2,5 m saat satu bulan sebelum penanaman tanaman. Contoh gambarannya misal dalam 1 hektar lahan terdapat sekitar 2.000 lubang tanam penyangga.

Baca Juga : Syarat Syarat Bahan Beton Yang Berkualitas Baik

  • Siapkan Bibit

Bibi bisa anda dapatkan dengan cara penyetekan atau biji, namun para petani kini lebih banyak menggunakan cara penyetekan. Proses penyetekan ini membutuhkan batang tanaman dengan panjang 25 – 30 cm. Lalu tanamkan batang tersebut pada polybag dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir clan pupuk kandang yang perbandingannya 1 : 1 : 1. Cara ini menjadi media tanam bibit tanaman buah naga selama 3 bulan pertama sebelum dipindahkan ke lahan yang telah dipersiapkan.

  • Penanaman

Setalah bibit sudah siap untuk dipindahankan, buatlah 3 – 4 lubang tanam dengan jarak sekitar 30 cm dari tiang yang sudah disiapkan. Berikan pupuk kandang yang masak sebanyak 5 – 10 kg yang dicampur dengan tanah.

  • Penyiraman

Penyiraman tanaman pada 3 bulan pertama dilakukan sebanyak 2 kali sehari, hal ini untuk mencegah tanaman buah naga membusuk karena air yang berlebihan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kekerasan Buah

  • Pemupukan

Pupuk yang digunakan pada tanaman buah naga adalah jenis pupuk kandang. Pemberian pupuk ini dilakukan selama 3 bulan sekali sebanyak 5 – 10 Kg.

  • Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)

Sementara belum ditemukan adanya serangan hama clan penyakit yang potensial. Maka lakukanlah pembersihan lahan atau pengendalian gulma agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

  • Pemangkasan

Jika batang utama sudah memiliki setinggi tiang atau sekitar 2 m lakukanlah pemangkasan. Mengapa harus dilakukan pemangkasan ? karena mengharapakn cabang sekunder. Apabila sudah bercabang lakukanlah pemakasan kembali pada masing-masing cabang sekunder dan clan ditumbuhkan 2 cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.

Baca Juga : Tahapan Budidaya Tanaman Tomat , proses pengolahan tanah budidaya cabe rawit atau Alat ukur kekerasan buah | Alat uji kekerasan buah

  • Masa panen.

Setelah tanaman berumur sekitar 1,5 – 2 tahun maka tanaman akan mulai berbunga dan berbuah. Buah yang siap panen itu memiliki ciri-ciri kulit buah berwarna merah, mengkilap, jumbai / sisik berubah warna dari hijau menjadi kemerahan maka buah naga dapat segera dipanen.

Buah yang dipanen adalah buah pada 2 tahun pertama dan sudah berumur sekitar 50 hari setelah muncul. Pemanenan dilakukan dengan cara memotongnya menggunakan gunting. Biasanya setiap tiang penyangga dapat menghasilkan buah sebanyak 8 – 10 buah dengan berat 400 – 650 gram. Bulan September hingga Maret biasanya merupakan masa panen buah naga, tanaman ini mempunyai masa produktif sekitar 15 – 20 tahun.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *