7 Hal Mengejutkan Kacang Hijau Untuk Kesehatan

7 Hal Mengejutkan Kacang Hijau Untuk KesehatanKacang hijau adalah kacang yang memiliki ukuran kecil berwarna hijau yang masuk dalam keluarga kacang-kacangan atau polong-polongan. Tanaman ini sudah di budidayakan sejak zaman dahulu. Kacang ini biasanya banyak dikonsumsi dalam bentuk bubur, atau di tumis jika telah tumbuh menjadi toge.

Kacang hijau ini juga memiliki banyak manfaat dan kaya akan nutrisi. Banyak riset yang menunjukan jika banyak mengonsumsi makanan nabati yaitu seperti kacang hijau dapat membantu mengatasi masalah kesehatan.

Berikut ini 7 Hal Mengejutkan Kacang Hijau Untuk Kesehatan :

  • Mengandung banyak nutrisi menyehatkan

Kacang hijau kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Dalam satu cangkir (202 gram) kacang hijau rebus mengandung beberapa nutrisi, seperti kalori 212;lemak 0,8 gram; protein 14,2 gram; karbohidrat 38,7 gram; serat 15,4 gram; mangan 30 persen; magnesium 24 persen dll.

Jenis kacang ini menjadi salah satu sumber protein nabati yang terbaik karena kaya akan asam amino esensial , fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin dan lainnya. Asam amino esensial yaitu asam yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Kacang hijau memiliki kandungan kalori yang sedikit, lebih banyak asam amino bebas serta antioksidan.

  • Kandungan Antioksidan

Banyaknya kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang hijau dapat membantu menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Antioksidan sehat termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan masih banyak lagi.

Jika radikal bebas memiliki jumlah yang tinggi dalam tubuh kita dapat membahayakan kesehatan tubuh. Kerusakan ini terkait dengan peradangan kronis seperti penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.Kandungan antioksidan yang berasal dari kacang hijau dapat menetralkan kerusakan akibat radikal bebas, seperti pertumbuhan kanker pada sel paru-paru dan lambung. Sehingga mengonsumsi kacang hijau itu sangatlah baik untuk kesehatan tubuh anda.

  • Anti-inflamasi

Biasanya diberbagai negara asia, sup kacang hijau itu banyak dikonsumsi pada hari musim panas. Mengapa ? karena kacang hijau ini dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi terhadap serangan panas, suhu tubuh tinggi, dan dehidrasi.

  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jika tubuh anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Hal yang menarik jika anda mengonsumsi banyak kacang hijau, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda. Antioksidan kacang hijau dapat menurunkan kolesterol LDL darah dan melindungi partikel LDL dari interaksi dengan radikal bebas yang tidak stabil.

  • Menurunkan tekanan darah

Apabila tubuh anda memiliki tekanan darah tinggi maka ini merupakan masalah kesehatan yang serius. Dikarenakan tekanan darah tinggi itu menempatkan anda pada resiko terkena penyakit jantung. Kabar baiknya jika anda mengonsumsi kacang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah, karena kacang ini menjadi sumber potasium, magnesium, dan serat yang baik.

  • Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan pencernaan karena biji-bijian satu ini memiliki serat yang tinggi. Secara khusus kacang hijau itu mengandung jenis serat larut yang bisa disebut pektin. Jenis dari serat ini dapat membantu menjaga kesehatan usus dan dapat mempercepat pergerakan makanan yang melalui usus.

Selain itu kacang hijau itu juga mengandung pati resisten yang bekerja membantu memelihara bakteri sehat dalam usus. Bakteri kemudian mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak butirat.

Studi mengatakan bahwa butirat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dalam banyak hal. Misalnya, dapat memberi makan sel-sel usus besar, meningkatkan pertahanan kekebalan usus dan menurunkan risiko kanker usus besar.

  • Menurunkan kadar gula darah

Gula darah yang tinggi dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Itu sebabnya para profesional kesehatan atau dokter mendesak agar masyarakat menjaga gula darah mereka dalam batas sehat.

Kacang hijau memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu menjaga kadar gula darah anda agar tetap stabil. Mengapa bisa begitu ? ya karena kacang hijau ini kaya serat dan protein, yang membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *