Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh – Jagung adalah sebuah tanaman yang kaya akan sumber serat dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai kandungan yang ada di dalam jagung ini mempunyai kemampuan dalam melindungi tubuh kita dari berbagai serangan atau gangguan penyakit. Biasanya manfaat dari jagung sendiri digunakan untuk pencegahan penyakit diabetes, hipertensi, dan pencegahan kecacatan pada saraf saat lahir.

Selain itu jagung juga banyak mengandung kalori, vitamin A, B, E dan banyak mineral yang sangat dibutuhkan bagi metabolisme tubuh. Kandungan serat yang tinggi juga berperan penting dalam pencegahan penyakit yang menyerang pencernaan seperti sembelit dan wasir serta kanker kolorektal. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari jagung untuk kesehatan :

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

  • Pencegahan Hemoroid dan Kanker Kolorektal

Jagung itu mengandung serat yang dapat membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit, wasir serta menurunkan resiko kanker usus besar. Bayangkan saja dalam satu cangkir jagung memiliki kandungan serat dengan jumlah 18,4% dari jumlah harian yang dibutuhkan untuk tubuh.

  • Kaya Akan Vitamin

Kandungan vitamin yang cukup melimpah didalam jagung itu baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin B terutama Thiamin dan Niacin. Thaimin itu merupakan hal terpenting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Selain itu, jagung ini memiliki kandungan asam pantotenat yang merupakan vitamin yang diperlukan untuk karbohidrat serta metabolisme protein dan lemak di dalam tubuh manusia.

Jika wanita hamil kekuarangan kandungan asam folat dapat menyebabkan kelahiran bayi kurus, bahkan bayi dapat cacat tabung saraf saat lahir. Jagung kuning merupakan jenis jagung yang kaya akan sumber beta-karoten yang membentuk vitamin A dalam tubuh, penting untuk kesehatan mata dan kulit. Selain itu, jagung juga kaya akan vitamin E, antioksidan alami penting untuk pertumbuhan.

  • Sumber Kalori

Jagung yaitu  salah satu tanaman dengan nilai kalori yang tinggi dalam sereal. Didalam jagung terdapat 342 kalori setiap per 100 gram jagung.

  • Jagung Kaya Mineral

Selain mangan, besi, seng, magnesium dan tembaga jagung juga mempunyai kandungan fosfor yang melimpah. Fosfor sendiri merupakan salah satu kandungan yang penting bagi kesehatan tulang, pertunbuhan, dan fungsi ginjal normal. Sedangkan magnesium, sangat diperlukan untuk menjaga kekuatan tulang dan denyut jantung normal.

  • Mencegah Anemia

Jagung itu mempunyai kemampuan untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B12 dan asam folat. Untuk itu, kebutuhan vitamin B12 dan asam folat bisa anda peroleh dari mengkonsumsi jagung.

Baca Juga : Cara Membudidayakan Tanaman Jagung Berkualitas

  • Sifat Antioksidan Jagung

Berdasarkan studi yang telah dilakukan di Cornell University, jagung merupakan tanaman yang kaya akan sumber antioksidan, yang memiliki kemampuan untuk melawan kanker. Selain itu, jagung juga merupakan tanaman yang kaya akan sumber asam fenolik senyawa ferulic, agen anti-kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Anthocyanin.

  • Menurunkan Kolesterol LDL

Pada tanaman jagung sudah terdapat kandungan minyak kulit jagung yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL yang merupakan kolesterol buruk bagi tubuh

  • Perlindungan terhadap Diabetes dan Hipertensi

Mengkonsumsi jagung juga dapat membantu pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung.

  • Mencegah Kardiovaskular

Pada sebuah penelitian minyak jagung itu telah membuktikan sifat anti-aterogonik yang berefek pada kolesterol, sehingga hal itu dapat digunakan untuk mencegah resiko penyakit kardiovaskular.

Menyediakan : Alat Ukur Kadar Air Jagung Moisture Meter JV-010S

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *