Cara Penggunaan Masker Yang Benar

Cara Penggunaan Masker Yang Benar – Sejak adanya wabah virus corona atau covid-19 yang menyebar diseluruh dunia. Kini kita memiliki banyak kebiasaan baru yang harus kita lakukan secara bersama. Tentunya hal ini bertujuan agar kita tetap aman dari terinfeksinya wabah virus corona. Walaupun kita tidak mengetahui wujud dari virus itu, setidaknya kita dapat mencegahnya dengan cara menerapkan protokol kesehatan yang sudah diterapkan pemerintah.

Selain harus rutin untuk mencuci tangan, pada saat akan melakukan aktifitas diluar rumah atau ruangan penggunaan masker wajib kita patuhi. Penggunaan masker sendiri sangat dianjurkan oleh WHO sebagai otoritas badan kesehatan dunia. Masker ini berfungsi untuk mencegah kita tertular dari virus corona, akan tetapi sebagian orang masih ada yang menggunakan masker dengan cara yang tidak benar. Lantas bagaimana cara penggunaan masker yang benar ? Nah berikut ini adalah cara penggunaan masker yang benar untuk mencegah penularan virus corona :

Cara Penggunaan Masker Yang Benar

  1. Cuci Tangan Sebelum Memakai Masker

Hal pertama yang harus anda lakukan pada saat akan menggunakan masker kain kita harus melakukan pencucian tangan lebih dahulu. Lakukan pencucian tangan paling tidak selama 20 detik sesuai anjurannya, pastikan setiap sela atau lipatan tangan kita tercuci dengan bersih.

Kita dapaCuci tangan kita selama paling tidak 20 detik sesuai dengan anjuran, pastikan setiap lipatan tangan kita tercuci dengan bersih. Gunakan sabun dan air mengalir untuk menyingkirkan virus secara efektif, jika sedang berada di luar ruangan maka anda bisa menggunakan handsanitizer yang memiliki kandungan alkoholnya paling tidak 60%.

  1. Gunakan lah Masker Kain

Masker yang disarankan dengan menggunakan masker kain. Jika menggunakan masker kain pastikan masker menutupi hidung, mulut hingga kedagu dengan rapat. Hal ini sangat berguna untuk melindungi tubuh kita, karena bagian mulut dan hidung sangat rentan terhadap terkenanya virus.

  1. Jangan Sentuh Masker

Pada saat kita beraktivitas di luar ruangan, alangkah baiknya jangan sentuh masker atau membuka penutup maskernya. Jika hal itu harus terpaksa melakukannya, maka sebaiknya segera cuci tangan anda atau gunakan handsanitizer.

  1. Ganti Masker Kain Baru

Pastikan masker yang anda gunakan dalam keadaan kering dan bersih. Pakailah masker satu kali jangan menggunakannya berkali-kali, jika anda menggunakan masker kain selalu rutin mencucinya. Kita harusnya memiliki beberapa potong masker kain, hal ini berguna agar masker dapat digunakan secara bergantian. Selain lebih ramah lingkungan, masker kain juga tidak boros untuk digunakan.

  1. Cara Melepas Masker Kain

Jika mau melepas masker, anda bisa melepaskan masker dari bagian belakang atau talinya. Usahakan jangan menyentuh bagian depannya, lalu anda juga harus segera mencuci tangan dan mencuci masker kain menggunakan deterjen atau sabun cuci.

Dengan mentaati aturan yang sudah diterapkan olih pemerintah yaitu menggunakan masker, semoga kita selalu terhindar dari kontaminasi virus corona dan kesehatan kita tetap terjaga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *