Cara Mengetahui Susu Sapi Murni

Cara Mengetahui Susu Sapi Murni – Susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Susu secara alami mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk pertumbuhan anak-anak juga baik untuk orang lanjut usia agar menjaga tulang tidak keropos. Selain kandungan nutrisi juga vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc juga mengandung mineral dan lemak.

Banyaknya kandungan yang terdapat pada susu membuat susu termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna, sehingga setiap orang dianjurkan minum susu sapi murni. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik, biasanya susu yang sudah diolah nutrisinya sudah berkurang sedikit.

Lantas bagaimana cara mengetahui susu sapi murni yang masih benar – benar murni dan mana yang sudah mengalami pengolahan lebih dahulu.

Berikut ini Cara Mengetahui Susu Sapi Murni :

  • Cara pertama :

Rebuslah terlebih dahulu susu sapi yang sudah anda beli.

Jangan lakukan pengadukan sebelum susu tersebut panas, hal ini agar panas yang didapat tidak merata.

Lalu pastikan menggunakan api yang sedang saat perebusan susu.

Jika sudah mulai memanas barulah susu tersebut diaduk selama 10 menit.

Tujuan pengadukan ini agar susu tidak timbul busa atau susu itu pecah.

Setelah proses perebusan tersebut selesai kemudian susu dipindahkan ke dalam wadah yang sudah disediakan. Selanjutnya diamkan susu terlebih dahulu agar suhunya turun dan menghangat dengan sendirinya.

Jika suhu susu sudah menurun atau hangat maka anda bisa langsung mencoba meminum susu tersebut. Apabila susu terasa seperti ada gelembung udara yang membeku maka susu tersebut merupakan susu sapi murni. Namun bila terasa biasa saja maka susu tersebut sudah tidak murni lagi, biasanya sudah diolah lebih dahulu.

Baca JugaCara Mengetahui Kekerasan Buah

  • Cara kedua :

Lakukanlah perebusan susu sama dengan cara pertama, akan tetapi cara kedua ini menambahkan madu ke dalam susu yang sedang direbus.

Campuran madu dan susu ini dibiarkan dahulu selama beberapa saat.

Setelah direbus dan dibiarkan selama beberapa menit barulah bisa anda amati campuran madu dan susu tersebut. Perhatikan apakah keduanya memisah atau tidak ? Apabila madu itu memisah dengan susu menandakan susu sapi itu murni. Mungkin bentuk susu murni yang memisah ini akan terlihat asing bagi kita, namun justru itu menandakan susu yang kita beli adalah susu murni.

  • Cara ketiga :

Cara ketiga ini memang lebih praktis mengapa ? karena cara ketiga ini membutuhkan bantuan alat ukur, biasanya cara seperti ini banyak digunakan pada kalangan industri.

Berikut ini cara mengetes susu murni dengan bantuan alat ukur :

Anda dapat mengukur keaslian madu dengan alat ukur Refraktometer.

Lalu ambil sampel susu yang ingin anda tes keasliannya, kemudian masukkan sedikit susu pada sensor alat.

Setelah itu anda dapat mengaktifkan alat Refraktometer ini dan melihat hasilnya

Refraktometer ini akan mengukur kadar brix atau kandungan bahan terlarut dalam setiap 100 gram larutan, dalam hal ini brix susu lah yang kita uji. Jika kadar air susu yang kita beli sekitar 83,3% maka susu tersebut merupakan susu sapi murni.

ProdukAlat Pemantau pH Susu Portabel HI98162

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *