Cara Budidaya Cabe Menggunakan Polybag

Cara Budidaya Cabe Menggunakan Polybag – Cabe merupakan salah satu kebutuhan dapur yang diperlukan untuk meracik berbagai macam olahan masakan, tanpa adanya cabe rasa makanan kurang nikmat. Oleh sebab itu cabe disini menjadi peran penting dalam makanan, sehingga kebutuhan cabe semakin banyak dan tidak heran kalau cabe itu seperti harga emas selalu naik terus.

Kebanyakan orang-orang indonesia itu pecinta pedas sehingga ketika harga cabe tiba-tiba naik dan pastinya timbul kehebohan di tengah masyarakat terutama ibu rumah tangga.Penyebab naik turunnya harga cabe yaitu karena faktor cuaca atau dikarenakan para industri seperti, hotel, rumah makan lebih dulu memesan cabe sehingga pemasaran cabe itu menjadi mahal dan juga langka.

Jika anda memiliki lahan kosong, anda dapat memanfaatkan lahan yang kosong itu menjadikan budidaya tanaman cabe. Namun jika anda tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam cabe, anda dapat memanfaatkan Polybag. Jika anda menanam cabe di halaman rumah anda menggunakan polybag paling tidak anda dapat menghemat biaya belanjaan, atau jika harga cape sedang melambung tinggi ataupun langka anda tidak usah khawatir. Lalu bagaimana caranya menanam cabe dengan polybag ?

Barikut ini Cara Budidaya Cabe Menggunakan Polybag :

  • Bibit Cabe

Hal yang pertama yaitu menentukan bibit cabe yang berkualitas. Agar mendapatkan bibit cabe yang berkualitas sangatlah mudah cukup memilih cabe segar atau sudah matang lalu kupas cabe tersebut dan ambil biji cabenya. Lalu biji yang sudah di pisahkan dengan kulitnya di jemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Jika anda tidak mau ribet anda bisa mendapatkan bibit cabe yaitu dengan membeli bibit cabe yang sudah jadi di toko.

  • Penyemaian biji cabe

Cara penyemaian biji cabe yaitu hanya cukup menggunakan ceting plastik yang bekas atau polybag ukuran sedang sebagai media penyemaian. Lalu masukan tanah dan pupuk hingga tingginya ceting atau polybag, lalu masukkan biji bibit cabe pada ceting atau polybag yang sudah di isi dengan tanah dan setiap hari harus disiram.

Untuk yang lebih rinci dalam penyemaian bibit cabe sebagi berikut :

  1. Siapkan tempat penyemaian ceting plastik atau Polybag misalnya.
  2. Masukkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3 banding 1.
  3. Tempatkan penyemaian yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu.
  4. Rendam biji cabe dalam air hangat selama 3 jam.
  5. Lalu masukan biji benih cabe pada polybag. Tutupi biji benih cabe dengan tanah kira-kira 1 cm saja.
  6. Tunggu hingga benih berkecambah.
  7. Kemudian mulai diperkenalkan dengan sinar matahari langsung.
  • Penanaman Cabe

Apabila bibit cabe sudah memiliki 4 siung daun atau sudah berumur 4 minggu. Pindahkan bibit cabe pada polybag yang sudah di isi dengan tanah dan pupuk, polybag yang digunakan memiliki diameter minimal 30 cm. Nah dalam hal pemindahan bibit harus berhati-hati tujuannya agar pada saat pemindahaan bibit dari tempat penyemaian akar tidak mengalami kerusakan.

  • Pemupukan Cabe

Pastikan juga anda menggunakan tanah liat yang sudah dicampuri dengan pupuk alami dan pastikan juga pH tanah berada dalam kondisi netral. Tanah yang baik yaitu memiliki kadar pH tanah sekitar 6 – 7 pH, nah untuk dapat memastikannya anda dapat menggunakan alat pengukur PH tanah.

  • Lokasi

Pastikan polybad yang sudah ditanamani pohon cabe mendapatkan penyinaran yang cukup, karena pohon cabe ini membutuhkan penyinaran yang cukup untuk pertumbuhan yang baik.

  • Perawatan cabe

Jangan lupa untuk menyirami cabe setiap hari pada waktu pagi dan sore. Jika ada tanaman liar yang tumbuh buanglah tanaman liar itu karena dapat mengganggu pertumbuhan pohon cabe itu.

Nah jika anda sudah mulali itu semua anda hanya tinggal menunggu cabe itu berbuah. Apabila sudah berbuah anda dapat menikmati hasil tanam cabe sendiri. Sangat mudah sekali bukan Cara Budidaya Cabe Menggunakan Polybag, Selamat Mencobanya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *