Manfaat Daun Jarak Beserta Bijinya Yang Begitu Hebat

Manfaat Daun Jarak Beserta Bijinya Yang Begitu HebatPohon jarak adalah sebuah tanaman yang tumbuh liar atau subur diindonesia, tanaman ini bisa kita jumpai pada didaerah pantai, tanah kosong, dan hutan. Hampir seluruh bagian dari pohon jarak ini bisa digunakan untuk pengobatan mulai dari daun, biji buahnya, dan akarnya.

Daun dari tanaman jarak ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tidak hanya itu, walaupun belum banyak digunakan layaknya minyak biji jarak, ternyata ada berbagai manfaat daun jarak bagi kesehatan.

Daun jarak (Ricinus communis) adalah jenis semak tahunan yang tergolong dalam keluarga Euphorbiaceae. Jenis tumbuhan ini menghasilkan biji jarak yang banyak digunakan dalam kesehatan dunia. Biji jarak dapat menjadi minyak biji jarak yang bermanfaat untuk melancarkan buang udara besar, mempercepat terjadinya kontraksi pada ibu melahirkan, dan membantu melancarkan ASI.

Daun jarak ini dikenal sebagai obat pencahar alami yang digunakan untuk melancarkan buang air besar. Manfaat lainnya dari daun jarak juga berkaitan dengan sifat daunnya sebagai laktogogue (merangsang, mempertahankan, dan meningkatkan produksi air susu ibu atau ASI) dan emmenagogue (melancarkan menstruasi).

Berikut Manfaat Daun Jarak Beserta Bijinya Yang Begitu Hebat:

A.Manfaat Daun Jarak

  • Mampu melawan bakteri

Manfaat yang pertama dari daun jarak yang dapat melawan bakteri didalam tubuh. Penelitian menemukan bahwa dalam daun jarak itu mempunyai sifat antibakteri. Antibakteri inilah yang dapat melawan bakteri dermatopik dan patogenik, seperti E. coli, S aureus, K pneumonia, dan bakteri jenis Strep. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari daun jarak ini yaitu dengan mencampur ekstrak daun jarak dengan ekstrak aseton.

  • Mengatur kadar gula darah

Bagi para penderita gula darah rendah daun jarak ini dapat digunakan untuk pembantuan atau menstabilkan kadar gula darah. Bila anda menderita gula darah rendah, anda dapat mengonsumsi kembali daun secara rutin tidak bisa mengatrol kadar gula darah. Juga para penderita diabetes, manfaat daun jangan mencegah kadar gula darah tinggi.

  • Memperbaiki kerusakan hati

Manfaat selanjutnya dari daun jarak yaitu dapat memperbaiki kerusakan organ hati (liver). Menurut beberapa bidang studi terhadap ekstrak daun jarak, tumbuhan herbal terbukti dapat digunakan untuk kerusakan hati, terutama yang diakibatkan oleh galactosamine. Selain itu ekstrak dari daun jarak juga bermanfaat dalam mengobati.

  • Menghasilkan minyak

Daun jarak mengandung getah yang disebut ricin, hal inilah yang menyebakan tanaman tersebut memiliki nama latin Ricinus communis. Getah ricin pada daun jarak menghasilkan bahan bakar berupa minyak yang dapat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

  • Mengatasi sakit gigi

Jika anda mengalami sakit gigi daun jarak juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa sakit gigi. Hal itu disebabkan daun jarak mengandung fitofarmaka bernama alkaloid pada getah daun jarak yang efektif untuk meredakan sakit gigi.

B.Manfaat Biji Jarak

Tidak hanya daunnya saja, biji jarak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biji jarak biasanya banyak diolah menjadi minyak jarak untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Manfaat minyak jarak yang tidak kalah dari daunnya:

  • Obat tetes mata

Minyak jarak dapat membantu mengatasi gangguan pada pelacur meibom di mata. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian, cukup teteskan 1 tetes minyak jarak agar bola mata kembali lembap.

Meskipun dapat digunakan untuk merawat mata, sebelum dilakukan pengelolaan pada hal ini kepada dokter. Don’t asal sembarang meneteskan minyak jarak ini tanpa persetujuan dokter agar bisa menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

  • Mengatasi sembelit dan melapisi usus besar

Biji jarak dipercaya dapat menjadi obat pencahar alami yang digunakan untuk mengatasi konstipasi. Selain itu, meneteskan minyak jarak juga kerap dilakukan untuk orang yang akan melakukan proses operasi kolonoskopi. Namun, cara seperti ini masih tidak efektif jika menggunakan obat lain seperti sodium fosfat.

Baca Juga : Manfaat Minyak Biji Jarak Untuk kesehatan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *