Hal Yang Menyebabkan Air Minum Terasa Pahit

Hal Yang Menyebabkan Air Minum Terasa Pahit – Para Pengusaha isi ulang air minum pastilah menginginkan air isi ulangnya memiliki rasa yang mendekati seperti air minum yang direbus. Akan tetapi seringkali ada masalah yang timbul yang mengakibatkan air minum isi ulang itu tidak terasa enak dan tidak diketahui apa penyebabnya.

Masalah yang sering muncul pada air minum isi ulang itu air yang memiliki rasa pahit. Jika air minum isi ulang itu memiliki rasa yang pahit, maka ada beberapa penyebabnya. Berikut ini hal yang menyebabkan air minum terasa pahit :

Air minum pahit akibat pH air rendah

Penyebab yang paling sering mengakibatkan air minum isi ulang terasa pahit yaitu mengandung kadar pH yang terlalu rendah. Lalu apa itu pH air ? kadar ph air adalah tingkat keasaman atau kebasaan pada suatu cairan yang diukur pada skala 0 – 14 pH. Air minum yang layak untuk dikomsumsi yaitu air yang memiliki kadar pH diantara 6,5 – 8,5 pH dengan standar idealnya 7,0 pH. Jika nilai pH air itu berada diatas atau dibawah dengan standarnya maka air dapat terasa tidak enak, untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut :

pH air :

  1. 6,5 – 8,5 : Air terasa netral
  2. 6,0 – 6,4 : Air terasa agak pahit
  3. 4,0 – 5,0 : Air terasa pahit
  4. 4,0 : Air terasa sangat sangat pahit

Bagaimana cara untuk mengetahui pH air minum itu ?

Pengukuran pH air merupakan hal yang sangat mudah dilakukan, Anda dapat mengukur kadar pH air dengan menggunakan kertas lakmus atau pH meter. Disini disarankan untuk menggunakan pH meter, dikarenakan memiliki banyak keunggulannya seperti jauh lebih praktis, lebih akurat dan dapat digunakan berkali-kali. Cara pengukuran menggunakan pH meter cukup mudah, hanya dengan mencelupkan probe ke dalam air minum yang ingin diukur kadar pHnya.

Jika air minum yang diukur mempunyai nilai pH yang rendah, lalu apa yang harus kita lakukan?

  • Menggunakan soda ash (bahan kimia)

Penggunaan soda ash ini haruslah sesuai ukurannya agar tidak menimbulkan bahaya terhadap air itu sendiri. Soda ash sendiri merupakan salah satu bahan kimia yang sering digunakan untuk menaikkan pH air, bahan ini tidak berbahaya asalkan penggunaanya sesuai dengan takarannya.

  • Menggunakan Kapur Gamping

Jika anda menggunakan kapur gamping sebaiknya jangan gunakan kapur gamping yang sudah hancur lembut karena kapur yang telah halus akan membuat air berwarna putih seperti susu. Alahkah baiknya anda menggunakan kapur gamping dalam bentuk bongkahan yang diletakkan di dasar tangki penampungan air baku. Namun kapur dalam bentuk bongkahan itu sulit didapatkan apalagi di wilayah perkotaan.

Bila Anda tidak ingin repot maka Anda dapat mengganti air baku Anda dengan air yang memang telah memiliki pH standar. Anda bisa menggunakan air PAM maupun membeli air tangki pegunungan sebagai gantinya.

Lalu bagaimana jika pH air sudah sesuai dengan standarnya namun rasanya masih terasa pahit ? Hal seperti ini biasanya diakibatkan penggunaan cartridge karbon block yang terlalu banyak. Karbon block digunakan untuk penyaringan air karena berfungsi untuk menyerap bau dan menjernihkan air. Namun jika penggunaan yang terlalu banyak justru malah menyebabkan air terasa pahit meskipun memiliki pH yang telah sesuai standar.

Baca Juga : Penyebab Kegagalan Tanaman Hidroponik

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *