Cara Memperlambat Perkembangan Korosi

Cara Memperlambat Perkembangan Korosi – Cara memperlambat korosi itu berbeda-beda tergantung bahan dari suatu barang yang akan dilakukan pencegahan atau memperlambat terjadinya korosi. Karat atau korosi itu merupakan sebuah peristiwa kerusakan logam yang disebabkan oleh reaksi kimia antara logam dan zat-zat pada lingkungan yang membentuk senyawa tidak dikehendaki.

Hal terkait cara mencegah perkembangan korosi harus diketahui oleh setiap orang. Guna untuk melindungi keindahan barang atau alat dirumah, dikantor, maupun beberapa tempat yang bahannya terbuat dari berbahan besi atau logam. Kenali cara pencegahannya segera mungkin agar tidak menyebabkan kerusakan parah akibat korosi tersebut.

Bahan besi baja merupakan bahan yang memiliki daya tahan yang tinggi. Akan tetapi proses korosi atau pengkaratan sedikit banyak tidak bisa dihindarkan, namun bisa dikendalikan atau diperlambat perkembangannya sehingga memperlambat proses perusakannya. Cara agar memperlambat terjadi korosi yaitu seperti :

Berikut ini Cara Memperlambat Perkembangan Korosi :

  • Pengolesan menggunakan Oli atau Gemuk

Pemberian oli atau gemuk pada benda yang berkarat merupakan upaya dalam memperlambat terjadinya korosi. Namun penggunaan oli dan gemuk ini sebaiknya digunakan untuk bahan-bahan yang tidak berhubungan dengan estetika karena akan merusak pemandangan.

  • Pengecatan

Selanjutnya yaitu pengecatan pada besi baja yang merupakan salah satu cara melambat terjadi korosi dengan mudah. Pengecetan ini berguna untuk mencegah terjadinya kontak langsung dan juga oksidasi pada besi baja sehingga tidak akan terjadi korosi. Disamping berfungsi untuk melindungi dari korosi, pengecatan juga akan menambah keindahan tersendiri pada benda tersebut.

  • Tin Plating

Disini tin plating merupakan sebuah proses elektrolisis yang dilakukan agar dapat menghindarkan bahan dari kerusakan. Bahan yang bisa di lindungi dengan menggunakan proses ini yaitu bahan besi atau logam serta bahan-bahan yang tidak terbuat dari besi. Tin plating memang sangat berfungsi untuk melindungi barang berbahan besi yang mudah mengalami korosi.

  • Chromium Plating

Plating krom atau chromium plating adalah bahan pelapis untuk besi. Bahan krom merupakan bahan yang dapat di lapiskan pada bahan-bahan seperti yang telah disebutkan sebelumnya untuk perlindungan. Pelapisan besi dan juga baja dengan menggunakan bahan ini bisa dilakukan untuk bagian-bagian seperti bumper mobil dan lain-lainnya.

  • Pengorbanan Anode

Berikutnya cara untuk mencegah korosi yaitu dengan pengorbanan anode atau sacrificial protection. Perlindungan ini dilakukan dengan melapisi besi baja dengan bahan yang lebih mudah berkarat. Salah satu bahan yang digunakan yaitu bahan magnesium. Bahan ini merupakan bahan yang aktif sehingga lebih mudah berkarat, jika anda menggunakan bahan ini untuk melapisi besi maka bahan ini akan berkarat sedangkan besinya tidak.

Baca Juga :
                    1. Beberapa Penyebab Terjadinya Korosi Logam
                    2. Alat Penguji Korosi dan Ukur Rebar Locators GX50B
                    3. Alat Ukur Korosi dan Uji Rebar Locators R71
  • Galvanisasi

Galvanisasi merupakan pelapisan yang dilakukan dengan zink plating. Setelah proses galvanisasi, besi dapat dilindungi dan zink yang mengalami oksidasi. Besi galvanis sering digunakan untuk badn mobil-mobil, pipa besi, tiang telpon, dan lain sebagainya.

  • Mengontrol Kelembapan Udara

Cara menghambat selanjutnya mengontrol kelembaban udara cara ini merupakan cara mencegah korosi secara alami yang dapat dicoba untuk dipraktekkan. Anda bisa membuat lingkungan yang terbebas dari oksigen sehinggan mencegah terjadinya korosi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *