10 Jenis Tanaman Anggrek Dan Sejarahnya

10 Jenis Tanaman Anggrek Dan Sejarahnya – Anggrek merupakan salah satu tanaman yang mempunyai beragam jenisnya, seperti di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki sekitar 5000 jenis. Adanya tanaman ini tercatat dalam gambar dan sastra cina dan juga Jepang pada 700 SM. Pada saat itu, tanaman anggrek ini banyak difungsikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit di Inggris.

Berikut Ini 10 Jenis Tanaman Anggrek Dan Sejarahnya :

Asal dari penamaan anggrek ini berasal dari 250 hingga 300 tahun yang lalu saat para misionaris gereja, personil tentara dan penjelajah menerapkan tradisi mengirim tanaman kepada teman atau keluarganya. Nah dari tradisi inilah mengundang para pelaut untuk kembali membawa tanaman yang eksotis seperti tanaman anggrek dari daratan seberang.

Pada saat ini setidaknya ada sekitar 10 jenis tanaman anggrek, apa saja jenis tersebut?

Jenis – jenis Anggrek :

1. Anggrek Selop

Bunga anggrek jenis ini sering disebut dengan tanaman endemik di Jawa Timur karena berasal dari lereng Gunung Semeru. Tanaman ini dikenal dengan nama latin Paphiopedilum glaucophyllum yang memiliki 4 helai kelopak dengan 2 kelopak utaman dan 2 kelopak samping atau biasanya disebut sebagai lidah karena menyerupai lidah. Ciri-ciri tanaman anggrek ini memiliki warna ungu dengan corak totol – totol.

2. Anggrek Kantung Kolopaking

Merupakan jenis tanaman dengan nama ilmiah Paphiopedilum kolopakingii Fowlie yang merupakan salah satu tumbuhan endemik Kalimantan Tengah. Bunga Anggrek ini mempunyai ukuran bunga yang cukup besar dengan warna kelopak putih atau kuning dan semburat cokelat kemerahan. Anggrek ini juga memiliki ukuran labellum yang besar seperti anggrek selop.

3. Anggrek Serat

Salah satu tanaman endemik dari Sulawesi Selatan ini biasanya disebut dengan bahasa latin Dendrobium utile. Tanaman yang memiliki bentuk kelopak kecil dan memanjang, biasanya memiliki warna putih.

Baca Juga : Proses Penanganan Bunga Cengkeh Pasca Panen

4. Anggrek Hartinah

Dinamakan anggrek hartinah karena berasal dari nama ibu negara Tien Soeharto yang meninggal pada tgl 28 April 1996 silam. Beliau merupakan salah satu orang yang berjasa dalam mengembangbiakkan jenis anggrek ini sehingga namanya diabadikan.

Tanaman endemik Sumatra Utara ini mempunyai nama latin Cymbidium hatinahianum, dengan bentuk bintang serta memiliki kelopak dan mahkota yang sama besar. Tanaman ini memiliki kolaborasi warna ungu dan krem sehingga dapat terlihat cantik.

5. Anggrek Hitam

Untuk jenis anggrek ini mempunyai nama latin Coelogyne pandurat yang banyak berkembang di daerah Kalimantan dan Sumatra Utara. Tanaman ini memiliki warna hitam dengan sedikit berbulu dan corak berwarna hijau.

6. Anggrek Bulan

Jenis tanaman anggrek yang satu ini merupakan tanaman anggrek yang cukup populer di indonesia dikarenakan mempunyai bentuk yang cantik. Tanaman ini mempunyai nama latin Phalaenopsis amabilis yang berkembang luas pada daerah kalimantan barat. Bunga anggrek ini mempunyai warna putih dengan corak putih dan merah pada bagian dalamnya. Dinamakan anggrek bulan karena memiliki warna mirip seperti rembulan dimalam hari.

Baca Juga : Alat Pemeriksa Warna Air HC-HI727

7. Anggrek Bulan Bintang

Tanaman dengan nama latin Paraphalaenopsis denevei ini berasal dari Kalimantan dan biasanya banyak ditemukan di dekat aliran sungai. Disebut sebagai anggrek bulan bintang karena kelopaknya berjumlah lima seperti bintang, namun bagian tengahnya berbentuk bulat seperti bulan. Jenis anggrek bulan bintang ini merupakan salah satu tanaman yang sulit ditemukan.

8. Anggrek Kebutan

Bunga dengan nama latin Ascocentrum miniatum ini merupakan salah satu spesies tanaman yang dilindungi di Indonesia, biasanya bunga anggrek ini bisa anda temukan pada daerah Jawa dan Sumatra. Dalam satu tangkai bunga anggrek kebutan mempunyai beberapa bunga kecil dengan warna orange yang mencolok.

9. Anggrek Bibir Berbulu

Bunga anggrek ini memiliki nama latin Coelogyne speciosa yang banyak tumbuh pada hutan hujan tropis. Anggrek ini memiliki bagian labellum-nya yang besar dan berbulu membuatnya terlihat seperti bibir yang berbulu. Memiliki warna dasar dari labellum-nya putih hingga hijau muda dengan warna cokelat di bagian tengah dan warna putih di ujungnya sehingga dinamakan anggrek bibir berbulu

10. Anggrek Jamrud

Bunga anggrek jamrud mempunyai bulu yang cukup lebat pada kelopak bunganya, selain itu juga memiliki warna kuning kehijauan dengan titik-titik dan semburat berwarna ungu kecokelatan. Bunga ini merupakan tanaman yang memiliki bahasa latin Dendrobium macrophyllum merupakan jenis tanaman anggrek yang banyak tersebar di daerah Papua Nugini. Namun kini bunga jenis ini sudah menjadi langka dan sudah dilindungi.

Baca Juga : Pengertian Hutan Lindung Dan Fungsinya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *