Proses Penanganan Bunga Cengkeh Pasca Panen

Proses Penanganan Bunga Cengkeh Pasca PanenCengkih atau Cengkeh yaitu salah satu kuncup bunga yang dikeringkan dan memiliki aroma harum yang khas, pohon cengkih ini sendiri merupakan tanaman asli dari indonesia. Cengkeh ini sering dimanfaatkan sebagai campuran pada makanan atau sebagai bahan campuran pembuatan rokok kretek khas indonesia. Selain itu bunga cengkeh ini bisa digunakan sebagai bahan pembuatan minyak atsiri yang bernilai tinggi.

Bunga Cengkeh ini merupakan salah satu komoditas pertanian yang memiliki nilai jual yang tinggi, bila cengkeh memiliki kualitas yang baik. Jika anda menginginkan cengkeh yang berkualitas tinggi maka dalam proses pasca panennya harus di tangani dengan benar tidak boleh asal-asalan.

Berikut ini akan membahas Proses Penanganan Bunga Cengkeh Pasca Panen :

  • Sortasi Basah

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu proses sortasi basah atau proses pemisahan bunga cengkeh dari tangkainya. Bunga dan tangkai bunga dipisahkan pada tempat yang berbeda. Bunga cengkeh yang masih berkuncup dan cengkeh yang sudah berbunga dipisakan kareba keduanya memiliki mutu dan harga jual yang berbeda. Apabila keduanya tercampur maka dapat mengakibatkan penurunan mutu dan jualnya pada cengkeh.

  • Pemeraman

Proses selanjutnya yaitu bunga cengkeh dimasukan ke dalam sebuah karung, kemudian cengkeh akan diperamkan selama 24 jam. Pemeranam ini bertujuan agar dapat mempersingkat waktu penjemuran serta dapat menambah warna cengkeh lebih cokelat mengkilap.

  • Pengeringan

Proses pengeringan cengkeh dapat menggunakan panasnya sinar matahari. Pengeringan dengan menggunakan sinar matahari membutuhkan waktu selama 5-6 hari tergantung pada cuaca pada hari itu. Tujuan dari pengeringan ini yaitu agar kadar air pada bunga cengkeh ini menurun hingga 12% – 14%.

Jika kadar air pada cengkeh diatas 14% cengkeh akan sangat mudah terserang jamur dan tidak tahan lama. Sebaliknya jika kadar air pada cengkeh itu dibawah 12% makan akan membuat mutu cengkeh itu menurun dan sangat mudah hancur. Agar tidak mengalami hal tersebut maka sangat disarankan anda menggunakan Moisture Meter atau alat ukur kadar air yang dapat mengukur kadar air pada bunga cengkeh dengan akurat.

  • Sortasi dan Pengemasan

Bunga cengkeh yang sudah dinyatakan kering kemudian dibersihkan dari debu dan kotoran lainnya. Cara pembersihannya dapat dengan menampinya menggunakan tampah atau bisa juga menghembuskan angin pada cengkeh yang sudah ditempatkan didalam keranjang. Jika sudah dipastikan bersih masukan bunga cengkeh yang sudah kering ini pada karung dengan berat 30 – 40, simpanlah pada tempat yang suhu dan kelembabannya terjaga. Sebelum melakukan penyimpanan sebaiknya lantai di alasi dengan kayu setinggi 15 cm dari permukaan lantai tujuan ini agar karung tidak berhubungan secara langsung dengan lantai.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *