Tahapan Atau Proses Mengecat Bodi Mobil Lengkap

Tahapan Atau Proses Mengecat Bodi Mobil Lengkap – Di dalam bidang pengecetan pada bodi mobil itu biasanya melibatkan orang-orang profesional atau mereka yang ahli dalam bidang pengecetan kendaraan baik itu mobil maupun motor. Karena pada dasarnya agar mendapatkan pengecatan yang baik, cepat, dan juga tepat itu tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Dalam bidang pengecetan itu membutuhkan dua tenaga ahli yang pertama yaitu ahli dalam pendempulan dan yang kedua ahli dalam pengecetan. Namun ada sebagian orang yang sudah lebih profesional dalam melakukan pengecetan, kedua pekerjaan tersebut dapat dilakukan hanya satu orang sekaligus.

Tebal tipisnya dempul dan cat itu sangat penting didalam dunia pengecetan bodi. Nah agar dapat mengetahui ketebalan dan tipisnya dempul & cat anda dapat menggunakan alat coating thickness meter ini dapat mengukur tebal tipisnya suatu lapisan secara cepat dan akurat.

Pekerjaan pendempulan itu sangatlah penting dan jangan di anggap remeh karena bagus dan tidaknya hasil pengecetan itu tergantung dari hasil dempulnya. Pendempulan yang baik yaitu kelihatan padat, tidak bolong-bolong dan rata, namun jika dalam pendempulan tidak rata tentunya dapat berpengaruh pada hasil akhir setelah melakukan pengecatan.

Agar dapat mengetahui ratanya suatu permukaan anda dapat menggunakan Alat Penguji Kekasaran Permukaan Profesional SRT-2000 dengan ini hasil pengecetan tidak akan mengecewakan. Selain itu kekilapan cat itu dapat di ukur dengan menggunakan alat glossmeter ini dapat mengukur kekilapan dengan cepat dan juga akurat.

Berikut Ini Tahapan Atau Proses Mengecat Bodi Mobil Lengkap :

  • Pembersihan

Hal pertama yang anda harus lakukan adalah ampelas dengan rata pada bagian yang akan dicat, lalu bersihkan dengan cara dicuci menggunakan air dan keringkan sampai benar-benar kering.

  • Pengolesan Dempul

Jika sudah dinyatakan bersih lalu masuk tahap pendempulan, pada saat pengolesan dempul olesankan secara perlahan-lahan tetapi jangan terlalu lambat maupun terlalu cepat. Apabila hasilnya masih bolong-bolong, maka pendepulan harus diulangi hingga hasilnya pendempulan rata dan halus. Tunggu hingga dempul sampai setengah kering, lalu dempul kembali sampai mendapatkan ketebalan yang sesuai.

  • Pengamplasan

Bila dempul sudah benar-benar kering lalu ampelas lah dengan menggunakan ampelas kasar sampai halus atau rata. Nah biasanya para pekerja menggunakan lempengan ataupun plat yang ditempelkan pada ampelas agar mendapatkan hasil yang rata. Jika sudah dinyatakan agak rata, lalu ulangi lagi pengamplasan dengan menggunakan ampelas yang halus padukan pengampelasan ini menggunakan air agar mendapatkan hasil yang baik.

Jika dempul sudah benar-benar halus dan rata, selanjutnya yaitu semprot menggunakan poxy pada bagian yang didempul. Lalu lakukan pengamplasan kembali menggunakan ampelas ukuran 2000 dengan menggunakan air sehingga mendapatkan permukaan yang benar-benar halus.

  • Pengecetan

Sebelum melakukan pengecetan menggunakan cat warna aslinya sebaiknya lakukan pengecatan dasar bisa menggunakan warna putih atau abu-abu. Lakukanlah pengecetan ini pada ruangan yang terbuka namun tidak banyak debu, sesudah di cat dasar biarkan sampai mengering.

Kemudian siapkan cat warna aslinya campurkan warna asli dengan tiner. Jika cat sudah tercapur merata tuangkan cat pada spray gun lalu nyalakan kompresor dan sambungkan selang anginnya. Mulailah pengecatan usahakan pengecetan dengan gerakan yang stabil dan merata, tidak boleh terlalu lambat maupun cepat. Jika terlalu lambat maka cat akan mengumpul kemudian meleleh, namun jika terlalu cepat hasil pengecetan tidak merata.

Usahakan pada saat melakukan pengecatan aturlah jarak penyemprotan kurang lebih 30 cm dari bodi mobil. Gerakan pengecetan hanya dilakukan dari arah kanan ke kiri dan atas kebawah, tidak boleh bolak balik dan juga pastikan jangan berhenti sebelum selesai. Dalam pengecetan harus ada jeda sampai cat agak kering, jika dirasa kering lakukanlah pengecatan kembali agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan warna aslinya.

  • Penambahan Clear atau Varnis

Tahap terakhir yaitu penggunaan clear atau varnis. jika cat sudah benar-benar kering semperot lah clear atau varnis ini pada bodi mobil, agar hasilnya lebih bagus atau mengkilap dan lebih awet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *