Cara Menentukan Biji KOPI Mentah Berkualitas

Cara Menentukan Biji KOPI Mentah Berkualitas dan Proses Pembuatannya – Siapa si yang ngga kenal dengan kopi? Ya kopi merupakan salah satu minuman yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Kopi masih identik dengan sebutan minuman orang tua, akan tetapi peminat kopi tidak hanya orang tua saja tetapi kalangan remaja banyak yang suka minuman kopi ini. Kini kopi ini sering dijadikan minuman saat berkumpul atau bersantai dan biasanya banyak di sajikan pada kafe atau tempat lainnya.

Mulai sekarang kopi tidak hanya dijual dalam bentuk bubuk kopi siap seduh atau kopi instan, tetapi juga ada dalam bentuk biji kopi mentah. Apakah anda tau apa itu biji kopi mentah ? Biji Kopi Mentah yaitu sebuah yang berasal dari buah kopi matang yang sudah matang dari biji daging buah dan cangkangnya. Biji kopi mentah tersebut sudah menerapkan pengeringan dan penyortiran agar memenuhi standar mutu pemasaran.

Berikut ini Cara Menentukan Biji KOPI Mentah Berkualitas :

Pada umumnya buah kopi yang layak dipanen merupakan buah kopi yang memiliki warna merah meranum pada pohonnya. Buah kopi terdiri dari empat komponen yaitu:

  • Eksokarp: kulit buah yang mengkilat dan licin
  • Mesokarp: daging buah yang berasa manis dan berair (disebut bubur).
  • Endokarp: kulit tanduk / kulit ari kopi
  • Biji kopi

Buah Kopi yang matang setelah pemanenan dipilih atau disortasi sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

  • Kopi yang memiliki warna merah tanpa cacat pada buahnya.
  • Buah kopi tidak hampa.
  • Tidak diserang DR.
  • Kopi yang memiliki warna hijau yang berwarna hijau dengan buah kopi yang berwarna merah.

Buah Kopi yang sudah melewati pilihan akan melewati proses pengeringan alami yang dijemur dibawah sinar matahari atau menggunakan alat pengering seperti oven dan tempat tidur pengeringan. Tujuan dari pengeringan ini yaitu agar kadar air atau kandungan air pada biji kopi itu menurun. Biji kopi yang baik untuk diolah yaitu biji kopi yang memiliki kadar udara sekitar 8 – 10%. Rendahnya kadar air pada biji kopi dapat mencegah proses pertumbuhan mikroorganisme dan juga baik untuk kualitas kopinya.

Agar biji dapat mengukur kadar air yang terkandung pada kopi Anda dapat menggunakan alat ukur kadar air atau di kenal dengan Moisture Meter. Perangkat tersebut biasanya digunakan para pengusaha atau industri pengolahan biji kopi karena keakuratannya yang sangat baik.

Sesudah melalui proses pengeringan langkah selanjutnya yaitu melakukan proses pengupasan kulit tanduknya dari biji kopi. Proses ini biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara ditumbuk. Namun proses tumbuk akan menghabiskan banyak waktu dan menghancurkan buah bijinnya. Dikarenakan itu semakin kesini perkembangan teknologi semakin canggih yang menciptakan mesin pengulitan. Mesin ini dapat biji kopi dari sampah kulit tanduknya secara cepat dan efisien.

Setelah proses pemisahan biji kopi dari kulit tanduknya, biji kopi kembali dilakukan proses penyortiran berdasarkan kriteria seperti dibawah ini:

  1. Biji kopi disortir menurut cara pengolahan dan jenisnya.
  2. Dibersihkan dari sisa kulit tanduk dan buah kopi yang belum terkupas.
  3. Biji kopi yang pecah atau cacat juga dari biji kopi yang utuh.

Proses selanjutnya biji kopi mentah terpilih dengan dikemas dengan rapi pada kondisi yang rendah, bertujuan agar tidak mendukung proses pertumbuhan mikrorganisme lainnya.

Comments (2)

  1. Cara menggunakan Peralatan Mesin Kopi Otomatis | Dropshiper.co.id
    February 13, 2022

    […] Cara Menentukan Biji KOPI Mentah Berkualitas N Series Moisture Meter Biji Kopi Digital Alat Pengukur Kadar Air Biji Kakao & Kopi WILE CC lat Refractometer Densitometer Kopi RCM-1000BT […]

  2. Cara Mengetahui Standar Kualitas Biji Kopi | Dropshiper.co.id
    February 13, 2022

    […] tahun 1978 oleh Undang-undang Menteri Perdagangan No. 108 / Kp / VII / 78 Tanggal 1 JULI 1978. Kualitas biji kopi digunakan dengan TRIASE SYSTEM. Namun sejak 1 Oktober 1983 hingga saat ini, untuk menentukan […]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *