Bahaya Akibat Minuman Keras

Bahaya Akibat Minuman Keras – Minuman keras atau biasa disebut dengan miras adalah jenis minuman yang mengandung alkohol. Bahaya miras ini pastinya sudah banyak diketahui orang-orang, apalagi jika dalam mengonsumsinya berlebihan. Dengan kenikmatannya yang banyak menimbulkan kesenangan sementara, minuman ini berhasil menjadi salah satu gaya hidup di dunia termasuk indonesia. Tidak jarang lagi, minuman alkohol ini sering disajikan dalam pesta atau perayaan tertentu.

Meskipun termasuk dalam minuman yang istimewa, sayangnya minuman keras ini dapat membahayakan kesehatan bagi para pengonsumsinya. Dalam menenggak minuman keras secara berturut –turut pada jumlah banyak bertujuan untuk mabuk pastinya dapat membahayakan pengonsumsinya. Biasanya kegiatan ini disebut dengan binge drinking yang merupakan kegiatan 5 gelas atau lebih minumas keras untuk pria. Dan 4 gelas atau lebih untuk wanita dalam kurun waktu kurang lebih 2 jam.

Bahaya Minuman Keras Bagi Kesehatan

Gejala bahaya yang ditimbulkan pada awalnya oleh minuman keras antara lain :

  1. Mulut Terasa Kering
  2. Menimbulkan rasa mual
  3. Sering buang air kecil
  4. Jantung berdegup lebih kencang
  5. Kesulitan bernafas

Gejala tersebut bisa dirakan dalam beberapa menit saja. Akan tetapi efek yang diberikan dari miras ini berbeda-beda tergantung dari kadar alkohol yang terkandung pada miras tersebut. Jika seorang telah mabuk, nantinya akan muncul rasa yang bisa membuat peminumnya seolah-olah merasa hebat hingga rasa malupun akan hilang dengan sendirinya. Pikiran mereka terasa plong dan rileks.

Hal seperti itu diakibatkan dari kandungan etanol yang merupakan cairan yang mudah sekali terbakar, menguap dan tidak memiliki warna. Etanol inilah yang dapat menyebabkan seorang dapat mengalami tidak sadarkan diri, jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Senikmat apapun yang dirasakan oleh peminum, pastinya tak lepas dari masalah kesehatan yang akan dihadapinya nantinya. Para Peminum atau pemabuk dapat terancam masalah kesehatan yang serius jika mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Bahaya minuman keras dapat sangat mematikan, adapun masalah kesehatan yang dialami oleh peminum minuman keras seperti :

Berikut Ini Bahaya Akibat Minuman Keras :

  • Menyebabkan lever atau hati bengkak.

Penelitian menunjukkan bahwa 10% hingga 20% penyakit lever atau hati bisa disebabkan mengkonsumsi minuman alkohol secara berlebihan. Jika anda meminum minuman keras secara berlebihan memang dapat membahayakan lever. Kandungan alkohol yang ada pada minuman keras itu dapat memicu lever atau hati untuk bekerja lebih ekstra dalam menyaring cairan tersebut. Sehingga hal itu dapat menyebabkan lever itu mengalami pembengkakan karena mengandung banyak cairan tersebut didalamnya.

  • Terjadi Kerusakan Otak

Kerusakan pada otak yang diakibatkan dari meminum minuman keras yaitu menurunnya fungsi otak hingga resiko depresi dan frustasi kian meningkat. Jika hal itu terjadi, kesehatan mental bisa terganggu hingga menyebabkan perubahan tingkah laku seorang.

  • Mengakibatkan Penurunan Fungsi Indra

Mengonsumsi minuman keras juga dapat mengakibatkan fungsi indra itu menurun. Salah satunya yaitu terjadinya kerusakan mata, sehingga seorang dapat mengalami kebutaan secara permanen.

  • Mengalami Nyeri Saat Haid

Untuk para wanita itu sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman keras. Hal itu dikarenakan kadar alkohol yang ada pada minuman tersebut, dapat membuat para wanita merasa kesakitan atau nyeri saat haid datang.

  • Terkena Kanker Hati

Minuman keras juga dapat memancing terjadinua penyakit kanker hati. Hal itu dapat terjadi akibat penurunan fungsi hati yang ditimbulkan oleh minuman keras yang dikonsumsinnya.

Kami Menyediakan : Alat Ukur Kadar Alkohol Digital AMT6100
  • Over Dosis

Jika minuman keras diminum bersamaan dengan obat-obatan yang berbahaya atau terlarang, maka efek sampingnya bisa berkali-kali lipat. Bahkan, bisa terjadi over dosis dengan tingkat yang parah.

  • Kecanduan

Dikarenakan meminum minuman keras dapat memberikan sensasi yang enak, sehingga menyebabkan seseorang menjadi kecanduan. Pastinya jika hal ini terjadi, maka kesehatan dapat terganggu mulai dari fisik hingga mental para peminumnya.

  • Rusaknya Sistem Pencernaan

Orang yang sudah kecanduan dengan minuman keras sangat beresiko terkena peradangan kronis pada saluran pencernaannya. Lambung bisa mengalami kelainan, termasuk usus yang sel-selnya bisa berubah menjadi sel-sel ganas.

  • Cacat Pada Janin

Penelitian menyatakan jika mengkonsumsi minuman berarkohol dalam jumlah tertentu bisa mengakibatkan kecacatan pada bayi. Para ahli kesehatan menyarankan wanita hamil untuk tidak mengkonsumsinya, apalagi jika sedang dalam masa kehamilan 3 bulan pertama. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelahiran bayi secara prematur atau keguguran.

  • Kematian

Orang yang sedang mengalami mabuk dikarenakan meminum minuman keras bisa mati mendadak karena serangan jantung, komplikasi. Kematian tidak langsung pun bisa terjadi seperti kecelakaan saat berkendara dan darah tinggi. Selain itu ia juga dapat menyebabkan asam lambung naik yang dapat berdampak pada kematian.

Kami menyediakan beberapa alat ukur untuk mendeteksi kadar alkohol pada seseorang melalui pernafasan :

Comment (1)

  1. Mitos Tentang Minuman Beralkohol | Dropshiper.co.id
    February 6, 2022

    […] Baca Juga: Bahaya Akibat Minuman Keras […]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *