6 Manfaat Hutan Lindung Dan Penyebarannya

6 Manfaat Hutan Lindung Dan Penyebarannya – Setelah kita mengenal tentang hutan lindung pada pembahasan sebelumnya. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat dan penyebaran hutan lindung sendiri. Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, bahwa hutan lindung itu memang suatu kawasan hutan yang dilindungi UU karena memiliki berbagai manfaat. Nah manfaat hutan lindung sendiri akan kita bahas lebih detail disini.

Berikut ini 6 Manfaat Hutan Lindung Dan Penyebarannya :

  • Manfaat hutan lindung

Sama seperti dengan jenis hutan lainnya, hutan lindung juga termasuk ekosistem alam yang akan menjaga keseimbangan ekosistem itu sendiri. Berikut beberapa manfaat dari adanya hutan lindung :

  • Mencegah erosi dan longsor

Jika sebuah lahan terbuka tidak ada tutupan di atasnya atau lereng pegunungan yang tidak memiliki vegetasi akan sangat beresiko mengalami tanah longsor atau erosi. Dengan adanya hutan atau pohon maka akar- akar pohon bermanfaat sebagai penahan tanah sehingga dapat memperkuat struktur tanah.

  • Mencegah banjir

Dengan adanya hutan lindung maka air hujan yang turun dari langit akan terserap terlebih dahulu,  tidak akan turun langsung ke daerah di bawahnya. Dengan kemampuannya yang dapat menampung air maka hutan lindung dapat digunakan sebagai pengendali banjir.

  • Penyimpan air tanah

Kemampuannya yang dapat menyerap air, selain bermanfaat untuk mengendalikan atau mencegah banjir juga bermanfaat untuk menyimpan air tanah. Dengan simpanan air tanah ini juga bermanfaat sebagai cadangan air ketika musim kemarau datang.

Baca Juga : Pengertian Hutan Lindung Dan Fungsinya

  • Aspek kesuburan tanah

Bahan-bahan organik yang berasal dari tumbuhan ataupun jasad hewan yang mati akan mengalami penguraian secara alami yang akan berubah menjadi humus. Dengan adanya unsur humus yang kaya akan menjadikan tanah pada hutan menjadi subur.

  • Habitat flora dan fauna

Berbagai jenis hutan termasuk hutan lindung juga menjadi salah satu tempat atau habitat alami bagi beranekaragam flora dan fauna, dengan adanya hutan akan menjaga keanekaragaman tersebut.

  • Kawasan penelitian dan wisata

Masih banyak hal yang belum dipelajari dari hutan seperti keanekaragaman flora dan fauna yang belum diketahui dan masih sangat memungkinkan untuk diteliti. Selain itu hutan lindung juga dapat menjadi kawasan wisata untuk lebih mengenalkan akan manfaat hutan.

Hutan Lindung di Indonesia

Pada indonesia ada beberapa kawasan atau wilayah yang sudah ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung. Beberapa tempat yang menjadi kawasan hutan lindung tersebut yaitu :

  • Hutan Lindung Alas Kethu

Kawasan hutan ini terletak di Wonogiri, Jawa Tengah dengan luas lahan yang tidak sebesar 2 hutan sebelumnya yaitu hanya 30 hektar. Kawasan ini sebagian besarnya ditumbuhi oleh pepohonan seperti kayu putih, akasia, dan mahoni. Selain itu juga kawasan ini dijadikan daerah resapan air yang banyak digunakan masyarakat sekitar.

Baca Juga : Pengertian Hutan Mangrove Hingga Penyebarannya

  • Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta

Jenis hutan lindung yang satu ini mempunyai luas 70.000 hektar berupa lereng dan perbukitan yang terletak di Padang, Sumatera Barat. Hutan lindung taman raya bung hatta ini menjadi habitat alami tumbuhan bunga raksasa Rafflesia Arnoldi. Selain itu kawasan ini menjadi habitat alami 352 jenis flora dan 170 jenis fauna lainnya.

  • Hutan Lindung Sungai Wain

Kawasan ini terletak di Balikpapan, Kalimantan Timur dan menjadi objek wisata andalan yang mempunyai luas lahan sekitar 9.782,8 hektar. Kawasan ini juga menjadi habitat alami bagi satwa-satwa khas kalimantan seperti bekantan, orangutan, kantong semar dan Eltingera Balikpapanensis (jenis tumbuhan endemik kawasan tersebut).

  • Hutan Lindung Wehea

Untuk jenis hutan lindung wehea sendiri menopang 3 sub aliran sungai yaitu melinyiu, sungai seleq dan sekung yang semuanya bermuara di sungai Mahakam. Kawasan yang berposisi pada Kutai Timur, Kalimantan Timur ini mempunyai luas 38.000 hektar dan ditetapkan menjadi kawasan hutan lindung pada 2004 silam.

  • Hutan Lindung Baning

Hutan yang memiliki luas 215 hektar ini berposisi pada tengah kota Sintang, Kalimantan Barat didominasi dengan lahan datar dan pepohonan hijau. Kawasan ini juga digunakan sebagai kawasan wisata oleh masyarakat yang ingin menikmati kesejukan udara alami.

  • Hutan Lindung Langsa

Kawasan yang berposisi pada  Desa Paya Bujok Seulemak, Langsa Baro, Langsa, Aceh ini menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar dan mancanegara. Awalnya kawasan ini merupakan hutan kota yang kemudian dijadikan tempat wisata kehutanan di tengah kota.

  • Hutan Lindung Betung Kerihun

Kawasan yang terbentang dari gunung Betung hingga gunung Keihun ini menjadi habitat alami berbagai jenis flora dan fauna sehingga ditetapkan sebagai tempat cagar alam nasional.

Baca Juga : Manfaat Hutan Bakau Bagi Kehidupan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *