Teknik Menguji Kekerasan Baja

adalah solusi atau metode pengujian kekerasan yang harus kita ketahui sebelum kita mengacu kepada kebutuhan alat uji kekerasan, alat ukur kekerasan atau hardness tester dibutuhkan sesuai yang kita perlukan baik fiture maupun spesifikasinya.

Teknik Menguji Kekerasan Baja

Untuk  pembahasan saat Teknik Menguji Kekerasan Baja yaitu pada material logam ( baja dan besi ) yang banyak pengaplikasiannya pada dunia konstruksi atau teknik industri juga dapat dilakukan pengujian. Pada umumnya proses uji kualitas pada bahan logam terdiri atas beberapa kelompok metode pengujian, yaitu :

  • Destructive Test (DT), yaitu proses pengujian logam yang dapat menimbulkan kerusakan logam yang diuji.
  • Non Destructive Test (NDT), yaitu proses pengujian logam yang tidak dapat menimbulkan kerusakan logam atau benda yang diuji.
  • Metallography, yaitu proses pemeriksaan logam tentang komposisi kimianya, unsur-unsur yang terdapat di dalamnya, dan bentuk strukturnya.

Teknik Menguji Kekerasan Baja

Pada beberapa kondisi, Destructive Test tidak efektif  karena material merusak material logam ( Baja, besi, seng, alumunium dan sejenisnya ). Apalagi jika material yang akan diuji adalah bagian struktur yang sudah ada atau kondisi eksisting. Sehingga NDT (Non Destructive Test) merupakan salah satu cara dilakukan oleh team atau bagian proses Quality Control produk.

Tuntutan akan praktisitas mengenai sifat dan kekuatan baja pun ikut meningkat dengan berkembangnya teknologi. Sehingga dalam hal ini, dilakukan penelitian uji coba terhadap baja dengan menggunakan 3 (tiga) alat yaitu :

  • Uji Tarik (Tensile Test) dengan Universal Testing Machine (UTM)
  • Electric Brinell Hardness Tester
  • Uji hardness dengan menggunakan Equotip Portable Rockwell Hardness, dimana Equotip Portable Rockwell Hardness merupakan alat Non Destructive Test.

Ada 4 macam metode teknik menguji kekerasan baja atau material lainnya

 

  1. Metode brinell ( hb / bhn )
    yaitu alat uji kekerasan material dipergunakan bertujuan menentukan pengujian kekerasan suatu material dalam bentuk daya tahan material baik logam, alumunium, seng, besi atau sejenisnya terhadap bola baja ( identor ) yang ditekankan pada permukaan material teruji.
    Ideal pengujian menggunakan brinnel ini apabila kekerasan brinnel tidak lebih dari 400 hb jika melewati nilai tersebut sebaiknya menggunakan metode rockwell atau metode vickers. Metode brinell dipengaruhi beberapa faktor anatara lain ; kehalusan permukaan spesimen, letak spesimen identor, kotoran yang ada pada permukaan spesimen, untuk informasi tentang brinell hardness tester
  2. Metode rockwell ( hr / rhn )
    adalah uji kekerasan yang umum dipergunakan di usa karena sifatnya yaitu cepat, bebas darikesalahan manusia, mampu untuk membedakan perbedaan kekerasan yang kecil pada baja yang diperkeras, dan ukuran lekukannya kecilsehingga bagian yang mendapat perlakuan panas yang lengkap dapatdiuji kekerasannya tanpa menimbulkan kerusakan.
  3. Metode rockwell adalah alat uji kekerasan yang bertujuan menentukan pengujian kekerasan baja, logam atau material sejenisnya dalam bentuk daya tahan material terhadap indentor berupa bola baja ataupun kerucut intan yang ditekankan pada permukaan material uji tersebut.
    Metode vickers.
    Adalah teknik menguji kekerasan baja, logam atau material sejenisnya menggunakan indentor berbentuk piramida intan. Indentor tersebut memiliki bentuk dasar berupa bujur sangkar yang besar sudutnya 136 derajat pada kedua sisi yang saling berhadapan. Jejak indentasi yang diproduksi oleh indentor vickers jauh lebih jelas daripada jejak indentor yang dihasilkan oleh metode brinell.
  4. Metode knopp atau metode micro hardness
    adalah sebuah pengujian atau teknik menguji kekerasan untuk mengidentifikasi nilai kekerasan material dengan menggunakan indentor yang memiliki bentuk piramida. Indentor knoop, micro hardness mempunyai panjang diagonal yang berbeda pada diagonal satu dan diagonal lainnya. Perbedaan panjang diagonal tersebut sangat ekstrem. Pasalnya, diagonal yang lebih panjang dipakai untuk menentukan nilai kekerasan knoop atau hk.,Karena pengujian nilai kekerasan metode knopp rendah material penggunannya hanya pada material getas seperti pada keramik.

Teknik Menguji Kekerasan Baja

adalah merupakan cara yang sangat cerdas untuk solusi kita dalam menentukan pemilihan alat ukur Hardness tester ukur kekerasan dalam peningkatan produksi yang maksimal sesuai kebutuhan kita ataupun industri dalam mencapai kepuasan pelanggan. Beberapa product NDT lainnya dapat anda lihat di berbagai kategori kami lainnya, antara lain ;

Untuk informasi produk alat ukur lainnya Untuk Harga maupun Formalitas penawaran serta Stock, Silakan langsung saja hubungi KONTAK yang tersedia, baik telepon, whatsapp atau email.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *