Produk Lemari Biosafety Biobase dan Cara Kerjanya

Produk Lemari Biosafety sebuah lemari biosafety atau lebih dikenal lemari pengaman Biologi, Bio safety Cabinet ( BSC ) atau lemari pengaman mikrobiologis ( microbiological safety cabinet adalah sebuah lingkup ruang kerja laboratorium berventilasi tertutup yang telah direkayasa untuk ilmuwan atau pekerjanya dari bahan sampel penelitian tanpa potensi terkontaminasi penyebaran bakteri atau virus yang berbahaya atau mempunyai sifat Patogen, sehingga mereka terpenuhi akan tingkat keamanan yang ditentukan Ada beberapa jenis BSC yang berbeda, dibedakan berdasarkan tingkat biocontainment yang diperlukan Bio safety Cabinet  pertama kali tersedia secara komersial pada tahun 1950

Produk Lemari Biosafety Biobase dan Cara Kerjanya

Lemari Biosafety cabinet hampir mirip dengan lemari asam atau Fume Hood jadi untuk sekilas mirip hanya asam lemari tidak memiliki tiproteksi penyaring sekelas HEPA Filter. Banyak manfaat kita untuk melihat apa itu Keamanan hayati Kabinet dan cara kerja dari mesin ini merupakan produk lemari pengaman biosafety produk biobase yang penting perannya untuk ilmuwan atau peneliti secara nyaman dari kontaminasi zat atau sampel yang berbahaya bagi dirinya atau lingkungan kerjanya.

Daftar Isi:

Prinsip Cara Kerja Biological Safety Cabinet

mengenai prinsip cara kerja BSC ( Biological Safety Cabinet ) yaitu menciptakan aliran masuk udara untuk melindungi operator yang berada dalam situasi berbahaya yang berisiko dengan mencampakkan udara keluar melalui filter HEPA ( High Efficiency Particular Air ). Tujuan utama penggunaan Biological Safety Cabinet dalam laboratorium mikrobiologi adalah memberikan kenyamanan dalam bekerja serta untuk melindungi operator atau ilmuwan akibat kontaminasi patogen dari mikroorganisme. Kebanyakan BSC juga menawarkan produk yang dapat menjaga sampel dari kontaminan ruangan.

Pada umumnya terdapat dua jenis BSC berdasarkan kecepatan aliran udaranya, pertama berdasarkan EN12469 (EU) yaitu berkecepatan di atas 0,40 m / s. Kedua, berdasarkan NSF / ANSI 49 (USA) berkecepatan di atas 0,50 m / s.

Tiga Kelas Produk Lemari Biosafety BIOBASE

A. Lemari Biosafety Biobase BSC I

BSC kelas I hanya melindungi operator dari risiko yang mungkin terjadi. BSC memiliki tingkat keselamatan biologis pada level 1,2, dan 3. Aliran udara masuknya jauh dari operator dan filter HEPA mengeluarkan udara ke lingkungan.

  • Kabinet Kelas I berventilasi yang berguna bagi operator perlindungan dan lingkungan sekitar, dengan aliran udara ke dalam menjauhi operator.
  • Rata-rata kecepatan minimal udara melalui bagian masuk sebesar 75 fpm (kaki per menit)
  • Pembuangan udara pada kabinet melalui filter HEPA untuk mencegah sebagian besar partikel ke atmosfer luar
  • Jenis kabinet ini cocok digunakan untuk agen biologis yang tingkat bahayanya kecil atau kurang, yang dimana tidak memerlukan perlindungan produk.

B.1. Lemari Biosafety Biobase BSC II A

  1. Biological Safety Cabinet BSC II A1
  2. Biological Safety Cabinet BSC II A2
  • Kabinet Kelas II memberikan ventilasi udara untuk melindungi operator, produk dan lingkungan sekitar, serta memiliki aliran udara di depan dan ke dalam untuk melindungi operator.
  • Perlindungan produk berasan dari Laminar Airflow yang disaring melalui HEPA dari pemancar yang berada di atas area kerja. Udara yang turun ke area kerja akan terpisah dan keluar melalui lubang ventilasi yang masing-masing ada di bagian depan dan belakang permukaan kerja.
  • Udara buangan di dalam kabinet ini akan melalui filter HEPA untuk melindungi lingkungan sekitar
  • Kabinet Kelas II memiliki 4 tipe yang berbeda, yaitu Tipe A1, A2, B1 dan B2

BSC kelas II ini dapat melindungi operator dan sampel atau produk, terdapat filter HEPA yang berlapis alirannya ke bawah. Udara mengandung kontaminan setelah difilter dan menjadi udara bersih terfilter selain yang dikeluarkan ke lingkungan juga dialirkan kembali ke kabinet. Kesamaan dengan BSC kelas I yaitu sama-sama memiliki aliran udara masuk jauh dari operator. Ada dua BSC kelas II, yaitu BSC II A1 dan BSC II A2.

Hal yang membatasi pembatasan pada A2 terdapat ruangan kecil (pengisap blower) yang bertekenan negatif sehingga jika bahan (udara) dengan kontaminan bertekanan positif memenuhi ruang antar filter HEPA, ruang sidang atau udara padat kontaminan tersebut dapat diisolasi terlebih dahulu sebelum difilter, sedangkan pada A1 sidang pengadilan bisa saja langsung terbebas ke ruangan laboratorium.

Pada BSC kelas II A2 juga ada yang dilengkapi dengan Thimble Ducting. Inovasi ini memungkinkan udara yang telah difilter oleh filter HEPA berupa udara ruangan, HEPA dan udara terkontaminasi bahan kimia dihisap oleh blower yang berada di ujung atas BSC untuk dikeluarkan ke lingkungan. Pada tipe ini, blower yang terpasang dua kapasitas, satu untuk menghisap udara terkontaminasi dari kabinet ke filter HEPA, dan satu lagi menyedot udara dari ruang antarfilter ke lingkungan.

B.2. Lemari Biosafety Biobase BSC II B

  1. Biological Safety Cabinet BSC II B1
  2. Biological Safety Cabinet BSC II B2

BSC kelas II B dibagi menjadi dua tipe yaitu B1 dan B2. Tidak berbeda jauh, hanya saja pada tipe B2 aliran HEPA yang masuk ke kabinet berasal dari udara dalam ruangan dan tidak ada udara terkontaminasi bahan kimia yang kembali masuk ke kabinet, semuanya dibuang ke lingkungan dalam bentuk HEPA dan udara yang mengandung uap kimiawi.

Kewaspadaan menggunakan Biological Safety Cabinet BSC II B yaitu:

  • Yakin bahwa bahan kimia yang digunakan tidak melarang HEPA atau ULPA filter
  • Kipas penanggulangan bisa bekerja dalam kabinet seperti aliran udara, tekanan statistik, serta tekanan ekstra dari sistem pipa.
  • Kondisi fluktuasi dalam knalpot kurang lebih sampai 10%
  • Membutuhkan sistem interlock, jika pembuangan gagal, blower dalam kabinet harus dimatikan.

C. Lemari Biosafety Biobase BSC III

  • Kabinet Kelas III ini memiliki konstruksi yang benar-benar tertutup, berventilasi dan anti bocor
  • Operator yang melakukan kegiatannya dengan menggunakan sarung tangan karet yang sudah terpasang langsung ke dalam kabinet, yang berfungsi sebagai penghalang fisik.
  • Kabinet ini diwajibkan untuk menjaga tekanan udara negatif 120Pa
  • Kipas kabinet ini akan memberikan udara ke dalam melalui filter HEPA
  • Perlakuan terhadap udara yang dikeluarkan kabinet ini dengan cara disaring dua kali dengan filter HEPA, atau dengan penyaringan dan kremasi.
  • Kabinet ini digunakan pada laboratorium yang memiliki kebutuhan keamanan maksimal (BSL-3) dan dapat digunakan untuk agen yang memiliki risiko kecil, sedang hingga besar.

BSC kelas III memiliki tingkat keselamatan biologis 1,2,3,4 yang melindungi operator dan produk. Pasokan udara berupa HEPA terfilter yang berasal dari udara ruangan. Lokasi dua kipas pembuangan (exhaust) dalam satu unit atau exhaust tunggal dan sebuah incinerator. Memiliki tekanan udara negatif> 0,5 ”WG. Tingkat kebocoran gasnya pun sangat kecil yaitu rata-rata sebesar 1x10E5 cc / detik kebocoran.

Untuk informasi harga berbagai produk biosafety atau perlengakapan laboratorium lainnya silakan hubungi Contact Support kami baik melalui call phone lemari maupun melalui email yang tertera disini Kontak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *