Pentingnya Pengukuran Kekeruhan dalam Pengolahan Air

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, kualitas air harus dijaga dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia. Namun, sayangnya kualitas air sering kali tercemar karena adanya polusi dan aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan. Salah satu parameter penting yang harus diukur dalam pengolahan air adalah kekeruhan air. Dalam artikel ini akan dibahas tentang pentingnya pengukuran kekeruhan dalam pengolahan air.

Definisi Kekeruhan Air

Kekeruhan air adalah kemampuan air untuk menyebarkan cahaya dan mengurangi transparansi air. Kekeruhan air disebabkan oleh adanya partikel-partikel padat atau zat terlarut yang tersuspensi dalam air, seperti tanah, pasir, lumpur, bakteri, virus, dan bahan kimia lainnya. Cara mengukur kekeruhan air adalah dengan menggunakan alat yang disebut turbidimeter.

Proses Pengolahan Air

Proses pengolahan air terdiri dari beberapa tahapan, yaitu koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, dan disinfeksi. Setiap tahapan memiliki fungsi masing-masing untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan zat-zat terlarut lainnya yang ada dalam air. Pengukuran kekeruhan air sangat penting dalam proses pengolahan air karena kekeruhan dapat mempengaruhi efektivitas dari setiap tahapan pengolahan air.

Dampak Buruk Jika Air Tercemar dengan Kekeruhan yang Tinggi

Air yang tercemar dengan kekeruhan yang tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. Kadar kekeruhan yang tinggi dapat menyebabkan rasa dan bau yang tidak sedap pada air, serta mempengaruhi rasa makanan dan minuman yang dimasak menggunakan air tersebut. Selain itu, partikel-partikel terlarut yang ada dalam air dapat menempel pada dinding pipa dan menimbulkan kerusakan pada pipa. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mengurangi umur dari sistem perpipaan dan meningkatkan biaya perawatan serta penggantian pipa.

Pentingnya Pengukuran Kekeruhan dalam Pengolahan Air

Pengukuran kekeruhan sangat penting dalam pengolahan air karena dapat memberikan informasi tentang kualitas air yang akan diolah. Informasi tentang kekeruhan air dapat membantu dalam menentukan jenis dan jumlah bahan kimia yang digunakan dalam pengolahan air, serta menentukan efektivitas dari setiap tahapan pengolahan air. Selain itu, pengukuran kekeruhan air juga dapat membantu dalam menentukan frekuensi pembersihan pada sistem pengolahan air.

Teknologi Pengukuran Kekeruhan Air

Terdapat beberapa jenis teknologi yang dapat digunakan untuk mengukur kekeruhan air, seperti turbidimeter, nefelometer, dan sensor optik. Setiap jenis teknologi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  • Turbidimeter

Turbidimeter adalah alat yang paling umum digunakan untuk mengukur kekeruhan air. Alat ini bekerja dengan cara mengirimkan cahaya ke dalam sampel air dan mengukur intensitas cahaya yang dipantulkan oleh partikel dalam air. Turbidimeter memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan.

  • Nefelometer

Nefelometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kekeruhan air dengan cara mengukur jumlah partikel dalam air yang memantulkan cahaya. Alat ini digunakan untuk mengukur kekeruhan air dengan konsentrasi yang sangat rendah.

  • Sensor Optik

Sensor optik adalah alat yang digunakan untuk mengukur kekeruhan air dengan cara menggunakan sinar laser dan mengukur jumlah partikel dalam air yang menghalangi sinar laser tersebut. Alat ini memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan.

Kesimpulan

Kekeruhan air adalah salah satu parameter penting yang harus diukur dalam pengolahan air. Pengukuran kekeruhan air dapat membantu dalam menentukan jenis dan jumlah bahan kimia yang digunakan dalam pengolahan air, serta menentukan efektivitas dari setiap tahapan pengolahan air. Dalam jangka panjang, pengukuran kekeruhan air juga dapat membantu dalam mengurangi biaya perawatan dan penggantian pipa. Oleh karena itu, pengukuran kekeruhan air sangat penting dalam pengolahan air untuk memastikan kualitas air yang dihasilkan memenuhi standar yang ditentukan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *