Pengertian Arsitektur Tropis & Ciri-Cirinya

Pengertian Arsitektur Tropis & Ciri-Cirinya – Secara umum, arsitektur Nusantara mirip dengan arsitektur tropis, yang terdapat di iklim tropis.

Pengertian Arsitektur Tropis & Ciri-Cirinya

Selain pantulan pada bangunan arsitektur asli di Indonesia, nilai-nilai arsitektur tropis juga diterapkan pada berbagai bangunan modern yang digunakan agar bangunan dapat beradaptasi dengan lingkungan dan memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penghuninya.

Jadi apa itu arsitektur tropis? Dan tahukah Anda bagaimana suatu objek arsitektur diklasifikasikan sebagai arsitektur tropis? Simak ulasan dalam artikel ini tentang Arsitektur Tropis beserta fitur-fiturnya.

Apa itu Arsitektur Tropis?

Sebagian besar peminat mendefinisikan arsitektur tropis hanya dari segi bentuk dan tampilan. Seperti penggunaan material alam atau penggunaan tumbuhan dianggap cukup memberikan nilai arsitektur tropis. Namun pada kenyataannya, arsitektur tropis tidak hanya tentang tampilan bangunan, tetapi juga struktur bangunan.

Adapun untuk penataan denah rumah, ruangan-ruangan dalam bangunan, adanya sirkulasi udara dan penerangan, penggunaan bahan, semuanya harus memperhatikan iklim dan juga iklim daerah sekitarnya secara umum. Iklim panas.

Sederhananya, arsitektur tropis dapat didefinisikan sebagai konsep arsitektur atau dapat didefinisikan sebagai bangunan, rumah dan arsitektur serupa yang dapat beradaptasi dengan iklim tropis. Iklim tropis memiliki karakteristik tersendiri seperti sinar matahari yang terik, curah hujan yang tinggi, kelembaban yang tinggi, pergerakan angin dan kondisi cuaca yang berbeda sepanjang tahun.

Oleh karena itu, arsitektur tropis harus mempertimbangkan kondisi cuaca seperti itu agar dapat memberikan fungsionalitas dan kenyamanan terbaik untuk tinggal di rumah atau bangunan.

Ciri – Ciri dan Karakteristik Arsitektur Tropis

Walaupun arsitektur tropis ini dapat eksis dalam bentuk yang berbeda-beda tergantung dari gaya dan pendekatan arsiteknya, namun ada ciri atau ciri umum yang dapat ditemukan pada bangunan dengan konsep arsitektur tropis. Ada beberapa keistimewaan dan juga arsitektur tropis yang harus Anda ketahui.

  • Bentuk atap pada rumah miring

Pada umumnya banyak rumah dengan konsep arsitektur tropis umumnya didesain dengan kemiringan lebih dari 30 derajat.

Ini karena morfologi atap memungkinkan hujan deras terbentuk di cuaca panas dan mengalir langsung ke tanah tanpa takut banjir di bagian atas bangunan.

Sementara itu, atap miring pada arsitektur tropis dapat memberikan ruang kosong di bawah atap sehingga mengurangi perolehan panas di bawah terik matahari. Padahal, desain atap data tidak cocok digunakan pada penempatan di daerah penyimpanan panas, hal ini dikarenakan data atap rentan terhadap kebocoran air hujan.

Namun bangunan atau rumah modern ini biasanya dirawat dengan drainase yang baik untuk mengurangi jumlah air hujan yang membeku.

  • Tertisan

Biasanya, hunian atau bangunan yang berkonsep arsitektur tropis memiliki overhang atau atap yang besar untuk mengurangi dampak curah hujan dan kecepatan angin yang tinggi di iklim tropis. Fungsi lainnya adalah untuk menjaga kesejukan penghuni tanpa mengurangi kualitas cahaya karena teritisan sendiri mengurangi masuknya sinar matahari langsung ke dalam ruangan.

  • Ventilasi atau Sirkulasi Silang

Ciri khas arsitektur tropis adalah penerapan sirkulasi udara atau ventilasi silang yang berguna agar udara dapat masuk dan bersirkulasi dengan baik di dalam ruangan sehingga membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Selain itu, ciri lain yang berkaitan dengan sirkulasi udara pada arsitektur tropis adalah banyaknya bukaan ventilasi untuk memperbanyak udara yang masuk ke dalam rumah dan juga untuk memberikan penerangan yang terbaik.

Bahan Lokal

Mengacu pada arsitektur tropis Indonesia yang lebih tradisional, penggunaan material pada rumah pada umumnya merupakan konsep arsitektur tropis yang memanfaatkan sumber daya lokal. Material lokal digunakan karena material lokal pada umumnya tidak tahan cuaca dan cuaca.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *