Cara Budidaya Tanaman Kedelai Pada Lahan Bebas

Cara Budidaya Tanaman Kedelai Pada Lahan Bebas – Kedalai adalah salah satu bahan dalam pembuatan makanan yang biasa digunakan oleh masyarakat di indonesia. Kebanyakan masakan asli indonesia itu menggunakan bahan kacang kedalai. Kedelai juga menjadi salah satu tanaman yang bisa anda pilih untuk anda budidayakan. Ada beberapa cara atau trik dalam membudidayakan kacang kedalai yang harus anda ketahui.

Berikut ini adalah Cara Budidaya Tanaman Kedelai Pada Lahan Bebas :

Media tanam dan kondisi tanah

Kedelai dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Namun, lahan yang digunakan untuk menanam kedelai harus memiliki drainase dan aerasi yang baik. Selain itu, cara budidaya yang benar adalah dengan menggunakan tanah dengan pH 5,8 hingga 7. Areal penanaman kedelai juga harus sesuai, yaitu pada ketinggian 600 mm, dengan luas curah hujan 100 hingga 400 mm. Bulan dan suhu 23 sampai 30 derajat Celcius dan kelembaban 60% sampai 70%.

Persiapan lahan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam teknik budidaya kedelai adalah mempersiapkan tanah untuk penanaman. Tanah telah diratakan dan diratakan untuk memudahkan penanaman dan sistem drainase. Jika ada gulma di area penanaman, bersihkan sampai benar-benar bersih. Untuk melindungi tanah dari kelebihan air yang dapat merusak kedelai, sebaiknya dibuat saluran drainase pada jarak 3 sampai 4 m. Setelah itu, tanah dibiarkan mengering selama tiga minggu dan setelah tiga minggu tanah siap untuk ditanami kedelai.

Petunjuk untuk memilih tanah

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda memilih lahan yang tepat untuk penanaman kedelai Anda. Metode yang paling populer adalah menggunakan beras yang baru ditanam untuk menanam kedelai. Caranya adalah dengan memotong sisa jerami setelah padi dipanen dan biarkan selama 3 minggu. Setelah itu lahan siap ditanami herbisida dan bekas kacang kedelai.

Pemilihan benih

Selain persiapan tanah, pemilihan benih kedelai juga penting. Benih yang terbaik untuk Anda tanam adalah benih dari varietas yang terkenal kualitasnya seperti benih Grobogan. Sebelum tanam, jika lahan yang akan ditanam belum pernah ditanami kedelai, sebaiknya benih direndam dengan POC NASA dengan takaran 2 cc/liter air.

Penanaman

Untuk teknik penanaman yang baik, masukkan 2 hingga 3 benih di setiap lubang tunda di ladang Anda dan tutupi benih dengan tanah gembur dan tidak perlu dipadatkan. Untuk hasil yang optimal, buatlah lubang individu dengan jarak tanam 30 x 20 cm. Musim tanam terbaik adalah pada akhir musim hujan atau tergenang air, yang paling baik untuk tanaman kedelai yang tidak tumbuh subur di tanah yang sangat lembab. Anda bisa memupuk lubang togel agar bibit tanaman kedelai nantinya bisa tumbuh dengan baik.

Penyiangan dan penyulaman

Bibit kedelai mulai tumbuh dalam 5-6 hari. Jika ada beberapa benih yang tidak tumbuh dengan baik setelah waktu tersebut dapat diganti dengan benih yang baru dan dapat dilakukan proses penyulaman. Penyulaman sebaiknya dilakukan pada siang hari agar tidak terjadi proses layu. Bibit kedelai dapat berumur 2 sampai 3 minggu untuk penyiangan pertama, 6 minggu setelah proses penanaman pertama atau untuk penyiangan kedua saat kedelai mulai berbunga dan penyiangan ketiga dapat dilakukan setelah proses pemupukan kedua.

Aplikasi pupuk

Bibit kedelai dipupuk setelah berumur 2 minggu dan dipupuk setiap 2 minggu sekali. Pupuk yang bisa digunakan adalah pupuk POC NASA yang disemprotkan pada tanaman kedelai. Namun jika kedelai Anda sudah mulai berbunga, sebaiknya proses penyemprotan ini dihentikan agar tidak mengganggu proses penyerbukan. Selain menggunakan pupuk POC NASA, pupuk pelengkap berupa pupuk kandang dan kompos dapat memberikan semua unsur hara yang dibutuhkan tanaman kedelai Anda untuk tumbuh optimal.

Hama dan penyakit

Hama yang paling umum menyerang kedelai adalah lalat kacang. Untuk mencegah dan melindungi tanaman kedelai dari serangan hama ini, sebaiknya semprot tanaman kedelai Anda dengan insektisida yang menggunakan bahan aktif Fipronil. Proses penyemprotan ini dilakukan saat bibit kedelai berumur 7 hari, saat bibit tumbuh dan melepaskan 2 helai daun pertama. Selain itu, jika hama dan penyakit menyerang selama masa pemeliharaan, pemusnahan dapat dilakukan sesuai dengan jenis hama dan penyakit yang menyerang.

Memanen

Selain cara tanam yang benar, proses pemanenan juga harus diperhatikan agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Pertama, waktu terbaik untuk memanen kedelai adalah ketika polong biji matang dari kuning menjadi coklat dan daun mulai menguning. Pemilihan bibit dilakukan dengan hati-hati. Setelah proses pengawetan selesai, benih kedelai langsung dijemur dan dipilih benih kedelai yang baik.

Baca Juga : 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *