9 Jenis Bahan Material Bangunan Untuk Konstruksi

9 Jenis Bahan Material Bangunan Untuk KonstruksiDidalam pemilihan material bangunan yang tepat merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum merancang konstruksi sebuah bangunan. Jenis bahan material bangunan dapat mempengaruhi sedikit banyaknya pengeluaran dana untuk anggaran pembuatan bangunan.

Bagi anda yang sedang merencanakan pembangunan atau renovasi sebuah rumah. Alangkah baiknya anda mengetahui jenis-jenis material bangunan apa saja yang diperlukan dalam pembangunan. Hal ini penting dilakukan agar anda dapat memilih bahan material apa saja yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan anggaran anda.

Jenis material yang dipilih akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan bangunan, karena banyak kasus terjadinya keretakan hingga bangunan roboh karena buruknya kualitas material yang digunakan.

Berikut ini 9 Jenis Bahan Material Bangunan Untuk Konstruksi :

  • Batu Bata

Kita pastinya sudah mengenal apa itu batu bata ? ya batu bata merupakan jenis batu yang terbuat dari tanah liat yang di bakar hingga berwarna kemerah-merahan yang khas. Batu bata sendiri berfungsi sebagai bahan bangunan penyusun dinding. Seiring berjalannya waktu, penggunaan batu bata sebagai bahan bangunan untuk dinding kini mulai menurun penggunaannya, kerena perkembangan teknologi.

Popularitasnya mulai tergantikan oleh bataringan. Bataringan sendiri sebagai bahan bangunan penyusun dinding yang relatif memiliki harga lebih murah ketimbang batu bata. Walaupun begitu, batu bata tetap jadi bahan bangunan yang paling umum digunakan, terutama karena kekokohannya.

  • Batu

Batu merupakan bahan bangunan yang paling lama digunakan sekaligus yang paling mudah ditemui. Batu memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan, baik atau tidaknya tergantung pada tujuan konstruksi.

Meski kaku dan berat, batu merupakan bahan bangunan yang sangat padat sehingga bisa memberikan perlindungan menyeluruh. Batu sering digunakan untuk bahan pembuatan pondasi, bangunan yang kokoh itu tergantung dengan kualitas dari fondasinya.

  • Pasir

Material bangunan yang satu ini sudah tidak asing lagi dijumpai di dalam pembangunan sebuah konstruksi. Pasir adalah bahan bangunan yang banyak dipergunakan dari struktur paling bawah hingga paling atas dalam bangunan. Kegunaan pasir yaitu sebagai bahan campuran dalam pembuatan cor atau dinding dengan memadukan pasir, semen dan air.

  • Semen

Semen ini berperan sangat penting dalam pembuatan bangunan. Tanpa semen, bahan bangunan lainnya seperti batu kali, batu bata, batako, dan bata ringan tidak bisa menyatu satu sama lain. Semen juga termasuk bahan bangunan paling vital dalam pembuatan fondasi yang sangat kokoh.

Semen sendiri terdiri dari 4 unsur pokok, yaitu; batu kapur sebagai komponen utama, tanah liat yang di dalamnya terkandung SiO2, Al2O3, dan Fe2O3, batu silika yang ditambahkan apabila tanah liat terdapat sedikit SiO2, dan yang terakhir adalah pasir besi, yang ditambahkan jika tanah liat mengandung sedikit Fe2O3.

  • Kayu

Kayu ini termasuk bahan bangunan yang paling umum digunakan. Berasal dari pohon atau dari tumbuhan-tumbuhan yang berserat, kayu diproduksi menjadi bahan bangunan seperti kusen, pintu, lemari, papan, menopang bagian atap, juga furniture dan perabot lainnya.

  • Kaca

Kaca adalah bahan bangunan yang dapat digunakan sebagai jendela, kaca memang bisa digunakan sebagai penutup pada ventilasi rumah-rumah. Kaca ini dapat memberikan cahaya masuk pada ruangan, namun tetap terlindungi dari efek buruk cuaca. Kaca sendiri secara umum terbuat dari campuran pasir dan silika, sehingga begitu rapuh, atau mudah pecah.

  • Pipa

Pipa memiliki peranan penting dalam sebuah konstruksi yaitu digunakan untuk menghubungkan saluran air dan saluran pembuangan, misalnya pada kamar mandi.

Pipa terbuat dari bahan-bahan yang tahan terhadap suhu yang rendah maupun tinggi, sehingga dapat mengalirkan air dengan baik. Pipa sendiri biasanya terbuat dari: carbon steel, carbon moly, ferro nikel, stainless steel, chrome moly, dan yang paling populer, PVC.

  • Keramik

Keramik ini biasanya digunakan sebagai alas untuk melapisi permukaan lantai atau dinding pada kamar mandi. Keramik merupakan pelengkap dari interior sebuah bangunan yang unik dan mempercantik bangunan anda. Ada beberapa jenis keramik yang sering kita jumpai di pasaran seperti keramik lantai biasa, keramik lantai teraso, homogeneous tile, keramik granit alam dan keramik mozaik.

Dari kelima jenis keramik tersebut, keramik granit alamlah yang memiliki harga paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis keramik lainnya. Dikarenakan jenis keramik granit ini merupakan hasil tambang, selain itu jenis keramik ini cukup untuk membuat rumah lebih asri, lebih anggun dan elegan.

  • Cat

Cat ini berfungsi untuk melindungi permukaan dinding atau beberapa bahan yang dapat yang disebabkan oleh pengaruh cuaca dan gesekan. Selain itu cat juga berfungsi sebagai outer/skin dinding ruangan sehingga dinding tidak gampang berlumut.

Pemilihan warna cat pada ruangan penting, apabila kombinasi warna dari cat tersebut pas, maka dapat memberikan sentuhan estetis dan meningkatkan keindahan dari ruangan tersebut.

Jika anda ingin membangun rumah ? Pastikan bahan material bangunan di atas tidak ada yang terlewat. Jangan lupa pastikan pula kualitas dari bahan material bangunan yang akan kamu gunakan. Sukses selalu!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *