7 Cara Pembuatan Aquascape Bagi Pemula

7 Cara Pembuatan Aquascape Bagi Pemula – Aquascape adalah salah satu sumber daya terpenting bagi Anda pecinta air. Dengan aquascape, Anda bisa melihat ikan-ikan favorit Anda berenang kesana kemari di antara bebatuan dan vegetasi seperti di habitat aslinya.

Aquascape sendiri sangat beragam dan ukurannya bervariasi, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Cara paling mudah untuk mendapatkan aquascape ini tentunya dengan menghubungi dealer ikan atau tukang reparasi akuarium setempat.

Namun jika Anda ingin berhemat, maka Anda bisa melakukannya di rumah. Selain terjangkau, Anda juga dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan preferensi Anda. Nah, kali ini kita akan mengupas tentang konsep pembuatan aquascape yang sederhana dan terjangkau.

Fitur Aquascape

Sebelum kita mulai membuat dan mendekorasi, mari kita mulai mengumpulkan berbagai bagian yang dibutuhkan. Dalam contoh ini, kita hanya akan menggunakan elemen kunci yang harus ada dalam aquascape, yaitu:

  1. Akuarium
  2. Pasir
  3. Pupuk dasar
  4. Tanaman
  5. batu
  6. Filter
  7. Diffuser Co2
  8. Lampu

Cara Pembuatan Aquascape Bagi Pemula

Jika semua komponen di atas sudah terkumpul, maka kita bisa langsung memulai proses produksi. Langkah pertama silahkan bersihkan tabung aquarium yang akan digunakan terlebih dahulu.

Selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah membuat aquascape berikut ini :

  1. Dekorasi Akuarium Dasar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentunya adalah menata dasar-dasar aquascape. Semprotkan pasir sedalam 2 hingga 3 cm. Anda bisa menggunakan jenis pasir apa saja tergantung selera, seperti pasir sutra dan lain-lain.

Cobalah untuk membuat pasir memiliki semacam pola lekukan yang bergerak di tengah dan sedikit naik di samping. Bagian yang masuk nantinya akan diisi dengan kompos agar kompos tidak terlihat jika dilihat dari samping.

  1. Menyediakan kompos

Setelah mengatur pasir di bagian bawah. Kemudian silahkan masukkan kompos atau pupuk ke dalam pasir. Masukkan kompos ke dalam wadah pasir setebal 2 sampai 3 cm, dan jangan sampai mengenai ujung kaca agar tidak terlihat dari luar.

Pupuk ini berperan sebagai penyuplai unsur hara bagi tanaman yang akan kita gunakan nantinya, jadi pastikan Anda memilih pupuk yang berkualitas. Apabila anda menggunakan jenis tanaman air yang penyerapan nutrisinya dari daun, maka anda tidak membutuhkan pupuk tersebut hal ini untuk menghemat biaya.

  1. Tutup lagi dengan pasir

Jika ditambahkan kompos, maka tutup kembali dengan pasir agar kompos tidak terlihat. Di sini, Anda bisa mengubah pola pasir sesuai keinginan, seperti membuat gundukan di ujungnya dan lain sebagainya. Pasir ini akan menjadi dasar dari aquascape jadi pastikan Anda mengaturnya semaksimal mungkin agar terlihat bagus.

  1. Tambahkan batu dan alat

Langkah selanjutnya adalah memasang batu dan bahan mati lainnya, tongkat kayu. Silakan atur sebanyak mungkin dan pastikan Anda sudah memiliki gambaran akan seperti apa aquascape itu sehingga Anda tidak perlu memindahkan situasi ke level berikutnya.

  1. Masukkan Tanaman

Kini saatnya kita terjun ke dunia penanaman. Pertama-tama, isi seperempat akuarium dengan air. Pastikan untuk memasukan air secara perlahan melalui saringan atau alat khusus agar air tidak merusak pasir dan kompos yang telah kami tambahkan setelahnya.

Setelah itu silahkan anda tanam tanaman yang sudah anda siapkan satu persatu. Selama proses penanaman ini, semprot juga tanaman besar atau tanaman yang tidak terkena air agar daunnya tidak mengering dan rusak.

  1. Isi dengan air

Setelah semua tanaman diletakkan pada tempatnya, maka silahkan isi akuarium dengan air sampai penuh. Seperti sebelumnya, pastikan Anda masuk ke dalam air secara perlahan agar tidak merusak pasir atau tanaman yang ditanam.

Setelah air penuh, silakan buang kembali sekitar 70% air dan tuangkan kembali hingga penuh. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan berbagai jenis zat berbahaya dari pasir, batu, dan bagian lain dari akuarium.

Jika air terlihat kusam atau putih, jangan khawatir, itu normal. Setelah beberapa hari air akan jernih dengan sendirinya karena banyak sekali kuman yang membantu membersihkannya.

Sampai saat ini, Anda tidak boleh memasukkan hewan terlebih dahulu. Pasalnya, kadar amonia dan nitrit di dalam air masih tinggi sehingga dapat mematikan ikan, udang, dan hewan air lainnya. Mohon tunggu sekitar 2 minggu sebelum memasukannya.

Baca Juga : Tips Membuat Aquarium Air Laut Bagi Pemula

  1. Pasang filter dan alat lainnya

Langkah terakhir, silahkan konfigurasikan filter, diffuser Co2, dan lampu yang akan digunakan. filter bekerja untuk mensirkulasikan dan menyaring air dari puing-puing yang ada. Sedangkan Co2 dan cahaya sangat penting untuk menunjang proses fotosintesis tumbuhan.

Untuk lampu sendiri, coba nyalakan hanya 8 hingga 9 jam sehari. Pasalnya, terlalu banyak cahaya akan menyebabkan koloni alga tumbuh terlalu cepat. Ganggang ini dapat menyebabkan genangan air dan dapat mengganggu pertumbuhan tanaman lain.

Cara merawat aquascape

Setelah dekorasi aquascape selesai, maka Anda tinggal merawatnya dengan baik. Bentuk perawatan ini sangat penting agar tanaman di dalamnya dapat tumbuh subur dan tidak mudah mati atau membusuk.

Untuk perawatan di minggu pertama, mohon ganti 30% air akuarium setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan berbagai zat berbahaya dari bagian aquascape serta untuk merangsang pertumbuhan bakteri menguntungkan.

Di minggu kedua, ganti 30% air setelah 3 hari, untuk minggu ketiga dan seterusnya, ganti hanya 30% air seminggu sekali. Jika Anda menambahkan tanaman atau bahan baru, harap ganti air sebanyak 50%.

Tanaman dan Ikan Aquascape

Tidak semua ikan dan tanaman itu bisa dimasukan pada aquascape yang disebabkan beberapa faktor. Oleh karena itu, Anda harus memilih salah satu yang paling cocok untuk aquascape saja. Berikut beberapa tanaman yang cocok untuk budidaya aquascaper untuk pemula:

  1. Hygrophilia Difformis (Air Wisteria)
  2. Java Moss
  3. Lilaeopsis
  4. Pedang Amazon
  5. Pakis Air Afrika
  6. Jaa Fern
  7. Teratai Harimau Hijau
  8. Anubias Nana
  9. Cryptocoryne Becketti

Sedangkan ikan yang dipilih biasanya ikan yang mampu beradaptasi dengan baik terhadap Co2. Selain itu, ikan yang mampu memberikan efek deep effect juga sangat cocok untuk aquascape. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Ember Tetra
  2. Kardinal Terta
  3. Neon Tetra
  4. Harlequin tetra
  5. Pelangi
  6. Ikan Malaikat
  7. Diskus
  8. li-guppy
  9. cabai rawit
  10. Gurami kerdil

Demikian artikel 7 Cara Pembuatan Aquascape Bagi Pemula diatas semoga bermanfaat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *