5 Tips Menghadapi New Normal Di Tempat Kerja

5 Tips Menghadapi New Normal Di Tempat Kerja – pandemi virus corona yang meluas sampai saat ini membuat pertumbuhan roda ekonomi menurun. Lalu ditambahkannya peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2020 yang membahas tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka mempercepat penanganan virus corona (COVID-19) (“PP PSBB”), pembantuan wilayah yang menerapkan PSBB harus meliburkan tempat kerja.

Dengan berterusnya penyebaran COVID-19, Pemerintah harus memikirkan cara agar roda ekonomi tetap berjalan kembali di tengah penyebaran virus corona. Namun harus tetap melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

Adaptasi kebiasaan baru  di tengah pandemi virus corona telah dilaksanakan di berbagai bidang salah satunya pada tempat kerja. Setelah mengalami peliburan atau bekerja dari rumah, kini dari beberapa perusahaan sudah memberangkatkan karyawannya. Akan tetapi kegiatan kerja yang dilakukan di tengah pandemi tidak bisa dilakukan seperti biasanya.

Kegiatan kerja di masa pandemi haruslah mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07 / MENKES / 328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam mendukung berjalannya Usaha pada Situasi Pandemi (“Kemenkes No HK.01.07 / 2020”), Memberikan panduan untuk menerapkan gaya hidup New Normal di tempat kerja. Perkantoran khususnya dan industri yang menjadi salah satu tempat penularan virus corona.

Berikut ini 5 Tips Menghadapi New Normal Di Tempat Kerja :

  • Wajib Menggunakan Masker

Penggunaan masker kini menjadi kewajiban kita saat akan beraktivitas di luar rumah termasuk pada tempat kerja. Jika pada sebuah perusahaan yang mampu menyediakan masker bagi seluruh karyawannya maka wajib untuk mengadakannya. Namun bila tidak mampu, maka karyawan wajib menggunakan masker kainnya sendiri. Penggunaan masker memang efektif untuk menjaga dari penularan virus covid-19.

  • Menerapkan Jarak Fisik atau Jarak Jaga

Menerapkan jaga jarak minimal 1 meter di tempat kerja wajib ditaati agar dapat mencegah penularan virus. Namun jika ruangan tidak memadai maka dapat memberikan sekat bisa menjadi solusinya. Perusahaan sebaiknya meminimalisir berbagai kegiatan yang mengharuskan banyak orang berkumpul dalam satu tempat. Selain itu, aktivitas seperti jabat tangan untuk sementara tidak diadakan agar menghindari penyebaran virus corona. Hal ini sesuai dengan hal lain yang bernilai sama tanpa harus bersentuhan fisik.

  • Rajin sabun tangan menggunakan sabun

Mencuci tangan sekarang juga menjadi kewajiban di tempat kerja, setiap orang yang diwajibkan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan umum (dipakai orang banyak). Virus penyebaran juga dapat melalui tangan, maka dari itu kita harus rajin cuci tangan paling tidak selama 20 detik dengan cara yang ditentukan.

  • Pengecekan suhu tubuh sebelum masuk tempat kerja

Salah satu gejala seorang terkena virus corona yaitu mengalami demam atau penaikan suhu. Akan tetapi tidak semua demam berarti menandakan orang tersebut terinfeksi virus corona. Maka dari itu karyawan yang akan memasuki tempat kerja dalam kondisi sehat, maka dari itu pengecekan suhu tubuh menjadi hal wajib yang harus dilakukan sebelum memasuki tempat kerja. Orang yang memiliki suhu tubuh normal berada di antara 36 – 37,3 derajat celcius. Pengukuran dapat dilakukan dengan menggunakan alat ukur termometer inframerah khusus untuk suhu tubuh yang dapat mengukur suhu tubuh tanpa menyentuhnya.

  • Pengaturan jam kerja tanpa lembur

Walaupun sudah dapat bekerja, tetapi perusahaan juga harus membatasi jam kerja karyawan dan alahkah dengan baik menghindari lembur. Hal ini bertujuan untuk membatasi kontak secara langsung, selain itu karyawan yang bekerja lembur dengan kondisi tubuh yang lemah hal itu dapat semakin mudah tertular virus. Oleh karena itu karyawan tidak mengambil waktu istirahat yang cukup agar dapat membina stamina.

Selain 5 Tips Manghadapi New Normal Di Tempat Kerja diatas, anda juga diwajibkan membawa handsanitizer sendiri untuk menghindari penularan virus corona pada tempat umum. Disamping itu perusahaan juga harus menjadwalkan penyemprotan cairan disinfektan di tempat kerja untuk menghambat atau mengawasi penularan virus.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *